Sukses


Macam-Macam Search Engine Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Search engine atau mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian informasi di internet berdasarkan permintaan pencarian pengguna.

Search engine bisa diakses melalui browser di komputer, smartphone, tablet, atau perangkat lainnya. Ada beberapa jenis mesin pencari yang sering digunakan.

Ada perbedaan khusus antara jenis search engine satu dengan yang lainnya. Penting mengetahui perbedaan search engine tersebut agar penggunaannya bisa disesuaikan kebutuhan.

Adapun fungsi utama search engine ialah untuk menyajikan informasi berdasarkan kata kunci yang dicari pengguna. Ketahui juga bahwa dari masing-masing search engine yang ada di dunia memiliki alogaritma pencarian yang berbeda-beda.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam search engine beserta penjelasannya, seperti dilansir dari smpn1payakumbuh.sch.id, Selasa (26/4/2022).

2 dari 6 halaman

1. Google

Google merupakan search engine yang paling populer dan sering digunakan. Bahkan, hingga saat ini Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia.

Google bisa dengan mudah menemukan informasi yang diinginkan. Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin.

Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, secara otomatis Google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang diinginkan.

3 dari 6 halaman

2. DuckDuckGo

Mungkin nama Duck-Duck Go terdengar asing. Namun, search engine ini memiliki sesuatu yang unik. Adapun yang menarik dari mesin pencari DuckDuckGo, jika Anda 'bertanya' perihal sejarah atau fakta, hasil carian akan dipaparkan secara jelas.

Perbedaan DuckDuckGo dengan yang lain adalah Zero Click Info yang paling berguna. Hampir setiap kali Anda melakukan carian di DuckDuckGo, satu kotak akan memberikan definisi, sejarah atau info berkaitan pencarian.

Duck-Duck Go dibangun untuk benar-benar menghormati privasi dari si pengguna. Tim pengembang DuckDuckGo menganggap bahwa fungsi pencarian terbaik bisa diraih tanpa harus melakukan tracking kepada para penggunanya.

4 dari 6 halaman

3. Bing

Bing (www.bing.com) merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft, Steve Ballmer. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, di antaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing memiliki sebuah teknologi yang diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet.

Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa, dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

5 dari 6 halaman

4. Yahoo!

Yahoo! Search merupakan mesin pencari terbesar kedua saat ini setelah Google. Yahoo! Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam kategori, seperti website, gambar, berita, video, dan audio.

Search engine ini selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari.

6 dari 6 halaman

5. Ask

Ask.com merupakan satu di antara search engine yang populer. Ask.com didirikan pada 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen.

Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves. Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan.

Oleh sebab itu, Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers.

 

Sumber: Web SMPN 1 Payakumbuh

Video Populer

Foto Populer