Sukses


4 Manfaat Daun Jeruk Purut bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Daun jeruk purut merupakan satu di antara rempah yang kerap digunakan sebagai campuran bahan masakan. Beberapa makanan yang menggunakan daun jeruk purut sebagai penambah aroma, semisal sup, kari, nasi, tumis, dan lain sebagainya.

Di luar kegunaannya untuk memasak, terdapat sejumlah manfaat daun jeruk untuk kesehatan. Manfaat daun jeruk purut didapat karena adanya senyawa alami berupa tannin, kadar steroid triterpenoid, serta minyak atsiri di dalamnya.

Untuk merasakan manfaat daun jeruk purut, ada berbagai cara pengaplikasian yang berbeda-beda, seperti direbus dan dicampurkan dengan bahan masakan lain atau hanya dengan air panas untuk relaksasi.

Khasiat daun jeruk antara lain dapat menjaga kesehatan mulut, gigi dan rambut, mengobati peradangan, serta mengurangi risiko kanker.

Berikut manfaat daun jeruk purut bagi kesehatan, yang masih jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Selasa (26/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Gigi

Berdasarkan British Dental Journal, mulut dan gigi manusia mengandung lebih dari 700 spesies bakteri. Keberadaan mikroorganisme ini sejatinya tidak menimbulkan masalah, asalkan diimbangi dengan kebiasaan menjaga kesehatan mulut dan gigi yang tepat. Misalnya, dengan rajin menggosok gigi 2-3 kali sehari.

Sebaliknya, jika kesehatan mulut dan gigi diabaikan, hal ini dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, gusi berdarah, infeksi maupun sariawan.

Khasiat daun jeruk purut dalam menjaga kesehatan mulut juga berasal dari kemampuannya mengatasi sariawan, peradangan mulut yang disebabkan kondisi tubuh kekurangan cairan dan vitamin C. Pasalnya, daun jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik.

Untuk mengatasi sariawan, daun jeruk purut dapat dicampurkan ke dalam air infus hangat. Cara ini juga diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

3 dari 5 halaman

2. Perawatan Rambut

Mengutip studi yang dimuat Journal of Complementary and Integrative Medicine tahun 2013, daun jeruk purut bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Khasiat ini diperoleh dengan memeras daun jeruk purut, lalu mengoleskan air perasannya ke kulit kepala dan rambut.

Riset mengungkapkan, daun jeruk purut bermanfaat menurunkan risiko kebotakan serta memperkuat folikel rambut pria. Daun ini juga bermanfaat untuk melembapkan kulit kepala, mencegah ketombe, serta menambah kilau rambut.

4 dari 5 halaman

3. Mengobati Peradangan

Kegunaan daun jeruk purut selanjutnya yaitu mengobati nyeri akibat peradangan. Menukil riset yang diterbitkan Mahidol University, khasiat daun jeruk ini berasal dari kandungan senyawa antiinflamasi di dalamnya.

Senyawa antiradang daun jeruk purut disebut-sebut bermanfaat mengatasi nyeri akibat rematik radang sendi, edema, asam urat, maupun kondisi peradangan lainnya. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi hal tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang terjadi karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), satu di antara cara mencegah kanker, yaitu dengan menerapkan pola diet sehat dan bergizi seimbang.

Cara ini membantu menjaga berat badan ideal sehingga mencegah satu di antara faktor risiko kanker, yaitu obesitas alias berat badan berlebih.

Pola makan sehat dan bergizi seimbang dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan sehingga mencegah pertumbuhan sel abnormal akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Mengutip Health Benefit Times, daun jeruk purut dapat dimasukkan menjadi satu di antara menu asupan harian untuk menurunkan risiko kanker. Kendati demikian, dibutuhkan riset lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat ini.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/1/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer