Sukses


Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran, Ketahui Tipsnya

Bola.com, Jakarta - Saat Hari Lebaran tiba, tidak hanya menyiapkan hati untuk memperingati hari besar tersebut, kaum wanita pastinya juga ingin tampil beda. Apalagi di momen Hari Raya, akan bertemu kerabat maupun teman lama.

Tentunya Anda ingin memperlihatkan penampilan terbaik agar lebih percaya diri dan membuat orang-orang pangling. Pasalnya, momen Lebaran kerap diisi dengan acara silaturahmi dan reuni.

Dalam acara kumpul-kumpul tersebut, Anda pasti ingin terlihat segar untuk memberikan kesan baik.

Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tampil cantik pada hari Lebaran. Cara-cara ini tidak sulit, jadi pastinya bisa Anda lakukan dengan mudah dan mendapatkan hasil maksimal.

Berikut cara tampil cantik di Hari Lebaran, ketahui tipsnya, disadur dari Klikdokter, Rabu (27/4/2022). 

2 dari 4 halaman

Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran

1. Hindari mandi atau berendam dengan air terlalu panas

Sebelum pergi beribadah salat Idul Fitri, mandi tentu jadi hal wajib. Namun, ingat, jangan mandi atau berendam dengan air yang terlalu panas karena dapat mengikis kelembapan alami kulit sehingga kulit menjadi kering.

Batasi mandi maksimal 10 menit dengan air yang bersuhu sejuk dan tidak terlalu panas. Pilihlah sabun dengan pH netral atau pH balanced untuk menghindari kekeringan pada kulit. 

Selain itu apabila kulit Anda rentan alergi, Anda bisa memilih sabun yang tidak mengandung pewangi atau bersifat hypoallergenik.

2. Gunakan tabir surya

Salat Idul Fitri yang umumnya dilakukan di lapangan terbuka akan membuat Anda rentan terpapar sinar matahari secara langsung.

Berdasarkan anjuran dari organisasi kesehatan dunia (WHO), terpapar sinar matahari 5-15 menit selama 2-3 kali dalam seminggu cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari.

Namun, jika Anda akan berada di bawah sinar matahari lebih dari 15 menit, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, yang setidaknya mengandung SPF 15. Meski begitu, biasanya salat Id dilangsungkan pagi sekitar pukul 06.30 hingga puku 08.00 saat sinar matahari masih aman bagi kulit.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran

3. Gunakan krim pelembap di malam hari

American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan pelembap setelah mandi agar kulit lebih bisa mengunci zat yang terdapat di dalam pelembap tersebut.

Jika Anda memiliki kulit kering, pastikan kandungan petrolatum, mineral oil, lanolin, dan dimethicone terdapat di dalam pelembap. 

Pilih juga produk dengan kandungan gliserin, propylene glycol, protein, urea, dan vitamin yang berfungsi untuk menarik air ke lapisan terluar kulit.

Untuk kulit berminyak, Anda bisa memilih produk pelembap yang mengandung gliserin, asam hialuronat dan aloe vera. Pastikan juga tekstur pelembap Anda tidak terlalu padat agar tak menyumbat pori-pori.

4 dari 4 halaman

Cara Tampil Cantik di Hari Lebaran

4. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan satu di antara ritual wajib yang sebaiknya dimasukkan agenda perawatan kulit rutin Anda. 

Meski sudah rajin mencuci wajah dua kali sehari, Anda tetap harus melakukan eksfoliasi paling tidak dua minggu sekali.

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tak terlihat kering dan kusam. Perawatan ini bisa dilakukan dengan penggunaan produk tertentu atau secara mikrodermabrasi. 

Dengan rutin melakukannya, Anda pun siap untuk tampil cantik di hari Lebaran nanti.

5. Kontrol asupan makanan

Hidangan khas Lebaran seperti opor, gulai, rendang hingga beragam kue kering seperti kastengel, nastar, dan putri salju sering menghiasi meja saat hari Lebaran. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak buruk bagi kulit Anda.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Dermatoendocrinology, konsumsi asam lemak omega 6 (seperti yang terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan dan jerawat.

Selain itu, hindari konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan (deep fried) jika tidak ingin jerawat bermunculan di wajah Anda. Batasi juga konsumsi makanan manis untuk menghindari kerusakan kulit dan penuaan dini.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/6/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer