Sukses


Cara Mencegah Pegal dalam Perjalanan Mudik Lebaran

Bola.com, Jakarta - Pegal menjadi satu di antara gangguan kesehatan dalam perjalanan mudik Lebaran. Maka itu, penting mencari tahu bagaimana cara mengatasinya agar perjalanan Anda nyaman dan lancar sampai tempat tujuan.

Mudik menjadi tradisi yang tidak terpisahkan bagi orang Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mudik ialah perjalanan pulang ke kampung halaman. 

Lantaran dilakukan para perantau, mudik bisa menempuh perjalanan panjang, bahkan ada yang dari luar negeri.

Secara khusus, bagi Anda yang mudik melalui perjalanan darat dan laut, bisa jadi akan merasakan pegal dan nyeri dalam perjalanan. Namun, tak menutup kemungkinan Anda yang menaiki pesawat terbang juga merasakan hal serupa. Terlebih jika durasi penerbangan memakan waktu berjam-jam.

Pegal dan nyeri bisa muncul satu di antaranya karena Anda hanya duduk selama berjam-jam.

Agar perjalanan Anda lancar dan sampai di tujuan pada waktunya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi pegal serta nyeri tersebut.

Berikut beberapa cara mencegah pegal saat mudik Lebaran, disadur dari Klikdokter, Rabu (27/4/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Pegal saat Mudik Lebaran

1. Cari posisi duduk paling nyaman

Perjalanan mudik biasanya memakan waktu berjam-jam. Maka itu, hindarilah posisi duduk yang tidak nyaman. Carilah posisi duduk yang memungkinkan Anda dapat duduk dengan santai.

Hindari posisi duduk yang saling berhimpitan. Anda dapat menambahkan bantal pada bagian tertentu, seperti bagian leher dan punggung.

2. Lakukan peregangan

Anda dapat melakukan peregangan selama berada di mobil, kereta, atau pesawat. Contohnya, gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu regangkan tangan dan kaki Anda.

Jika memungkinkan, Anda dapat memarkir mobil sejenak di rest area, kemudian keluarlah dari mobil untuk menghirup udara segar. Regangkan berbagai otot tubuh saat berdiri, lalu ambilah waktu sejenak untuk berjalan di sekitar rest area.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah dan Mengatasi Pegal saat Mudik Lebaran

3. Pijatan

Anda dapat melakukan pijatan pada leher atau kaki. Jika bepergian bersama keluarga, Anda dan keluarga dapat saling memijat untuk mengurangi rasa penat di perjalanan.

4. Cari hiburan selama perjalanan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa pegal selama perjalanan mudik. Anda dapat membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film untuk mengalihkan perhatian Anda.

5. Kenakan pakaian yang nyaman

Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat dengan bahan yang tidak nyaman saat mudik. Gunakanlah pakaian dengan bahan katun atau wool yang menyerap keringat. dan cukup longgar sehingga tubuh dapat bergerak dengan leluasa.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/6/2017)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer