Sukses


4 Cara Agar Kolesterol Tidak Melonjak setelah Lebaran

Bola.com, Jakarta - Saat merayakan Hari Raya Lebaran, pasti banyak makanan yang men selera, seperti opor, rendang, sambal ati, dan ketupat.

Meski begitu menggoda untuk disantap, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan tersebut.

Pasalnya, berbagai jenis makanan tersebut kaya kandungan kalori dan lemak yang berbahaya bagi kesehatan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Meski demikian, Anda tetap bisa menikmati aneka sajian Lebaran tersebut dengan cara yang tepat agar kadar kolesterol tidak melonjak naik dan memicu gangguan kesehatan.

Berikut empat cara agar kolesterol tidak melonjak setelah Lebaran, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (28/4/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Agar Kolesterol Tidak Melonjak setelah Lebaran

1. Batasi Porsi

Jangan jadikan momen Lebaran sebagai waktu balas dendam setelah selesai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ketahui bahwa makan berlebihan selama Lebaran dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Nah, guna menghindari hal tersebut, Anda wajib makan dalam jumlah secukupnya alias tidak berlebihan. Mulai makan secara bertahap dan perlahan, dengan porsi lebih kecil dan frekuensi lebih sering. Cara ini dilakukan agar tubuh Anda dapat beradaptasi dengan pola makan seperti sedia kala.

2. Pilih-pilih Makanan

Usahakan agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak maupun kulit ayam. Keduanya dapat meningkatkan kadar kolesteroljahat (LDL) di dalam tubuh.

Akan lebih baik bila Anda memilih daging yang tidak mengandung lemak atau ayam tanpa kulit untuk menu Lebaran Anda. Kemudian, Anda bisa memasukan ikan laut yang mengandung omega-3 ke menu Lebaran.

Ikan laut seperti salmon, tuna, teri, dan sarden dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Kolesterol Tidak Melonjak setelah Lebaran

3. Pilih Cara Masak yang Tepat

Memasak dengan cara kukus, rebus, dan panggang lebih baik daripada digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Namun, jika terpaksa harus menggoreng, gunakan minyak zaitun, minyak kanola, minyak almond, atau minyak kenari. Tetap ingat untuk tidak menggoreng menggunakan metode banyak minyak (deep frying). Sekadar menumis dengan minyak sehat tersebut masih tergolong aman.

4. Konsumsi Sayur dan Buah

Jangan lupa selingi menu Lebaran Anda dengan sayur dan buah sebagai sumber serat. Selain membantu melancarkan saluran cerna, sayur dan buah juga dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sehingga Anda tidak mengonsumsi makanan Lebaran secara berlebihan.

Agar lebih lengkap, pastikan Anda mengombinasikan tips di atas dengan melakukan tindakan berikut ini:

  • Teratur periksa kolesterol.
  • Awasi asupan dan pola makan.
  • Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol.
  • Giat berolahraga.
  • Kendalikan berat badan dan hindari stres.
  • Awasi tekanan darah.
  • Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/6/2018)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer