Sukses


5 Manfaat Puasa Syawal yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Setelah melakukan puasa di bulan suci Ramadan selama satu bulan penuh, umat Muslim dianjurkan untuk mendirikan puasa Syawal.

Puasa Syawal memiliki perbedaan dengan puasa wajib di bulan Ramadan. Puasa syawal ini merupakan satu di antara dari puasa sunah.

Puasa Syawal biasanya dilakukan selama enam hari penuh, di mana umat muslim yang mendirikannya akan diberi ganjaran seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

Berkat keistimewaannya ini, membuat umat Muslim ingin menjalankan ibadah puasa Syawal. Selain keistimewaannya tersebut, menjalankan puasa syawal memiliki manfaat lain.

Berikut lima manfaat puasa Syawal yang perlu diketahui umat Muslim, seperti dikutip dari Merdeka, Senin (2/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Syawal

1. Pahala Setahun Berpuasa

Manfaat puasa bulan Syawal yang pertama yakni memperoleh pahala seperti setahun berpuasa. Melanjutkan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal usai Ramadan akan diganjar dengan pahala yang besar.

Bagi umat-Nya yang menjalankan puasa sunah ini, Allah Swt. akan menjanjikan ganjaran berupa pahala seperti berpuasa selama satu tahun penuh. Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim)

Umat Islam bisa memulai puasa Syawal di hari kedua bulan tersebut atau satu hari setelah Hari Raya Idulfitri karena hari pertama alias Hari Raya Idulfitri diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa.

Bukan satu hari atau satu bulan, puasa dilakukan selama enam hari di bulan Syawal. Puasa enam hari inilah yang akan menjadi pelengkap dan penyempurna amalan di bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Syawal

2. Dapat Pahala Berlipat

Manfaat puasa Syawal yang kedua adalah akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Puasa Syawal dikerjakan selama enam hari di bulan Syawal. Lebih tepatnya satu hari setelah Hari Raya Idulfitri. Bagi umat Islam yang mengerjakan ibadah sunah ini maka pahala yang diterimanya akan berlipat ganda.

Sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadits sebagai berikut:

"Barang siapa berpuasa enam hari setelah Hari Raya Idulfitri maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan maka baginya sepuluh kebaikan semisal)." (HR. Ibnu Majah)

3. Mendekatkan Diri pada Allah Swt.

Manfaat puasa Syawal berikutnya yakni bisa mendekatkan diri kepada Allah Swt. Bbagi siapa saja yang mengerjakan puasa Syawal enam hari maka akan mendapat tempat mulia di sisi Allah Swt.

Bukan hanya itu saja, bau mulut orang berpuasa juga dikatakan lebih harum di sisi Allah Swt. dibanding dengan minyak kasturi sekalipun.

Keutamaan ibadah puasa sunah Syawal ini ditegaskan pula dalam satu di antara hadis Qudsi sebagai berikut:

"Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu)." Kemudian, Rasulullah melanjutkan, "Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Syawal

4. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa Syawal selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Puasa Syawal juga bermanfaat bagi kesehatan.  Manfaat ini diperoleh akibat seseorang mampu menahan rasa lapar selama puasa.

Dampaknya sel-sel induk dalam tubuh akan terpicu untuk memproduksi sel darah putih baru, di mana sel tersebut mampu membantu mencegah infeksi.

Penelitian dari University Southern California menyatakan berpuasa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penciptaan sel darah putih baru yang disebut mampu meregenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh sehingga memiliki peranan penting dalam melindungi tubuh dari serangan ancaman virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Cegah Gangguan Pencernaan

Manfaat puasa Syawal yang terakhir adalah mampu mencegah sebuah penyakit, terutama akibat dari gangguan pencernaan. Sebab, biasanya umat Islam pasca Hari raya Idulfitri dapat kembali makan tiga kali sehari. 

Hal tersebut mampu menyebabkan gangguan pencernaan. Maka itu, puasa pada bulan Syawal mampu dijadikan kontrol untuk menekan porsi makan.

Nantinya hal itu dapat membantu kalian mengendalikan transisi pasca mengonsumsi makanan dengan jumlah besar. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantiya Nimas Nuraini. Published: 13/4/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer