Sukses


5 Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran agar Dompet Tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Meski momen bulan Ramadan dan Lebaran sudah usai, tidak bisa dipungkiri aktivitas masyarakat tetap meningkat sehingga memerlukan dana yang cukup banyak.

Biasanya banyak pengeluaran yang tidak terduga pasca Lebaran. Dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin pengeluaran Anda menjadi jauh lebih tinggi daripada biasanya.

Jika kondisi keuangan yang buruk pasca Lebaran tidak segera ditangani, kehidupan setelahnya bisa menjadi masalah baru.

Untuk itu, saatnya Anda kembali mengatur keuangan Anda agar kembali sehat untuk masa-masa setelah Lebaran demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan sehari-hari.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan dalam mengatur keuangan setelah Lebaran?

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan pasca Lebaran agar dompet tetap sehat, yang bisa membantu Anda, dikutip dari laman Samaneahill, Selasa (3/5/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

1. Periksa Catatan Pengeluaran

Periksa catatan pengeluaran apa saja yang dilakukan selama dan setelah Lebaran. Anda harus periksa dan pastikan pos mana saja yang menyebabkan pengeluaran sangat banyak saat Lebaran sehingga Anda bisa mengalokasikan dana untuk mengisi kembali kekosongan uang pada dana yang tidak sengaja terpakai.

Hasil catatan ini bisa menjadikan acuan untuk menghadapi Lebaran tahun depan supaya Anda bisa mempersiapkan dana yang harus disediakan saat Lebaran agar setelahnya tidak mengalami kesulitan keuangan.

2. Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Setelah semua pos-pos perincian pengeluaran dirinci, selanjutnya Anda bisa mengurutkannya sesuai prioritas kebutuhan yang utama. Jadi, dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa dialihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

3. Lunasi Utang

Jika pada saat Lebaran Anda menggunakan kartu kredit untuk alternatif pembayaran maka segera lunasilah biaya tagihan tersebut. Membayar utang sesuai kemampuan harus dilakukan dengan konsisten untuk membantu pemulihan kondisi finansial pasca Lebaran.

4. Batasi Pengeluaran Harian

Anda juga bisa membatasi pengeluaran harian Anda contohnya, Anda bisa membuat perincian daftar belanjaan apa yang paling dibutuhkan.

Hindari membeli makanan di luar karena hanya akan menambah biaya pengeluaran bulanan Anda, sebagai gantinya bawalah bekal makan siang jika Anda pergi bekerja.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

5. Mulai Menabung Kembali

Lebaran memang terkenal sebagai momen yang menguras kondisi keuangan. Maka itu, Anda harus segera melakukan pembenahan pada sektor tabungan agar segera terisi kembali.

Anda bisa dengan membatasi pengeluaran atau menyisihkan uang untuk mengisi kembali tabungan yang terpaksa terpakai pada saat Lebaran.

 

Sumber: Samaneahill

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer