Sukses


7 Cara Merapikan Baju tanpa Setrika yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Ketika Anda sedang dalam perjalanan, baju yang Anda bawa rawan kusut atau tidak rapi dalam tas atau koper.

Alhasil, kondisi tersebut jadi menambah pekerjaan lantaran Anda harus menyetrika ulang agar baju yang hendak dipakai tidak terlihat kusut.

Namun, bagaimana kalau kondisinya sedang tidak memungkinkan untuk menyetrika ulang baju tersebut?

Jika Anda mengalami permasalahan ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baju yang kusut atau tidak rapi saat hendak digunakan tanpa harus setrika ulang.

Bahkan, Anda bisa merapikan baju dengan peralatan seadanya tanpa bantuan alat setrika sekalipun.

Berikut ini cara merapikan baju tanpa setrika, yang mudah dilakukan, dikutip dari laman Blog.vidogarment dan Catatanmini, Selasa (3/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Merapikan Baju tanpa Setrika

1. Menggunakan Hair Dryer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk merapikan baju tanpa setrika adalah dengan menggantungnya di hanger, kemudian nyalakan hair dryer dan arahkan ke baju Anda. Namun, berhati-hatilah agar tidak membakar apa pun. Cara ini efektif untuk pakaian yang terbuat dari bahan katun.

2. Menggunakan Handuk Kering

Anda bisa menggunakan handuk kering untuk menghilangkan bekas kusut di baju Anda. Cukup bentangkan baju Anda di atas meja, kemudian letakkan handuk tersebut di atas meja, dan biarkan beberapa saat hingga bekas kusut tersebut hilang dari baju Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Merapikan Baju tanpa Setrika

3. Menyemprotkan dengan Sedikit Air

Cara ketiga adalah dengan menyemprotkan sedikit air pada bagian baju Anda yang kusut, kemudian kibaskan baju Anda secara perlahan maka baju Anda akan terbebas dari kusut.

4. Semprotkan Pelicin saat Menggantung Baju

Gantung baju Anda di bawah sinar matahari, kemudian semprotkan pelicin pada baju lalu tunggu hingga satu jam lamanya maka baju Anda akan terbebas dari kusut, meski Anda tidak menggunakan setrika untuk merapikannya.

5. Menggulung Baju

Cara lain untuk merapikan baju tanpa di setrika adalah dengan menggulung baju Anda dan letakkan gulungan tersebut di bawah pakaian atau sesuatu yang berat agar kusut di pakaian menghilang. Biarkan proses tersebut sekitar satu jam.

4 dari 4 halaman

Cara Merapikan Baju tanpa Setrika

6. Menggunakan Catok

Catok biasanya digunakan untuk meluruskan atau mengeriting rambut. Anda bisa memanfaatkan catok ini untuk menyetrika bagian kecil dari baju Anda. Catok bisa menjangkau daerah sulit seperti kerah kemeja.

Sebelum digunakan, pastikan catok bersih dari sisa produk rambut seperti hair spray sehingga tidak menodai baju Anda. Ingat, jangan menekan catok terlalu lama pada baju Anda karena ada risiko terbakar.

7. Menggunakan Panci

Anda bisa menggunakan panci yang biasa Anda gunakan untuk membuat mie. Panaskan air di dalam panci, kemudian buang airnya.

Gunakan bagian bawah panci untuk menyetrika baju Anda. Pastikan bokong panci tidak hitam karena jelaga. Selain itu, berhati-hatilah karena panci panas bisa saja melukai Anda juga.

Hanya, menyetrika menggunakan panci memiliki kelemahan karena panasnya tidak konsisten sehingga cepat dingin dan bentuknya yang berupa lingkaran juga susah untuk digunakan. Namun, bila tak ada opsi lain, pilihan ini bisa Anda terapkan.

 

Sumber: Blog.vidogarment, Catatanmini

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer