Sukses


Cara Mengatasi Badan Lemas usai Liburan, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi badan lemas usai liburan penting untuk Anda ketahui. Tidak sedikit orang yang merasakan lemas setelah berlibur, mungkin Anda satu di antaranya.

Ya, badan lemas usai liburan bisa saja terjadi. Libur panjang, seperti liburan Lebaran maupun akhir tahun, bisa menyebabkan pikiran dan tenaga terkuras, bikin stres. Imbasnya, beberapa orang butuh liburan setelah liburan!

Badan lemas setelah liburan terjadi karena beberapa sebab, semisal aktivitas terlalu padat (mengunjungi banyak tempat dalam sehari), pemilihan waktu berangkat dan pulang yang kurang tepat (misalnya berangkat dengan penerbangan pertama, atau pulang dengan penerbangan terakhir), masih disibukkan dengan beban kerja saat berlibur, hingga kurang tepat dalam menentukan tempat liburan (misalnya ingin relaks, tetapi justru Anda pergi mendaki gunung).

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir. Badan Lemas setelah liburan tentu bisa diatasi agar semangat Anda tetap terjaga. Jangan sampai Anda justru tidak mendapatkan manfaat dari liburan yang Anda lakukan.

Berikut cara mengatasi badan lemas usai liburan, disadur dari Klikdokter.com, Rabu (4/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas usai Liburan

1. Nikmati setiap detik waktu liburan

Tujuan dari berlibur supaya Anda keluar dari rutinitas harian, relaks, dan menikmati diri. Jadi, saat Anda berlibur ke tujuan yang sudah lama Anda nantikan, nikmati setiap detik momen liburan. 

Jangan sibuk cek email atau apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan. Ingat, liburan adalah relaksasi dan bersenang-senang!

2. Tidur cukup

Lantaran satu di antara tujuan dari liburan adalah untuk me-recharge semangat dan energi, jadi jangan menjadwalkan aktivitas yang terlalu padat saat liburan, misalnya mengunjungi lebih dari lima tempat dalam sehari.

Memulai aktivitas terlalu pagi, kembali ke hotel bisa lewat tengah malam. Hal ini sering kali terjadi pada orang-orang yang waktu liburannya terlalu singkat.

Maka itu, hindari membuat jadwal aktivitas liburan yang terlalu padat. Meski sedang liburan, kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Jangan sampai begadang tiap malam.

Istirahat yang cukup dapat mengurangi rasa lelah dan memberikan kesempatan sel-sel tubuh untuk melakukan regenerasi. Milikilah pola tidur yang baik, yakni tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, selama 7-8 jam. Hindari begadang karena akan membuat badan lemas.

3. Pulang sehari lebih cepat

Sebaiknya Anda memesan tiket pulang liburan sehari lebih cepat dari tanggal Anda harus kembali beraktivitas. Hal ini dapat memberikan tubuh dan pikiran untuk beradaptasi untuk kembali ke rutinitas harian.

Pulang sehari lebih awal juga memungkinkan Anda untuk membongkar isi koper, menyortir oleh-oleh, atau cek email kerja sebelum kembali ke kantor. 

Perencanaan ini memberi Anda ruang untuk “bernapas” dan mengurangi kecemasan dan stres akibat beban kerja yang menanti.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas usai Liburan

4. Relaksasi bukan berarti malas-malasan

Liburan memang untuk relaksasi, tetapi bukan berarti Anda jadi malas-malasan. Tubuh juga butuh aktivitas untuk membantu memerangi stres dan tetap berenergi. 

Coba untuk menyelipkan latihan fisik di sela liburan, sesederhana bersepeda mengelilingi hotel atau lingkungan sekitar Anda menginap, memanfaatkan kolam renang hotel, atau sekadar berjalan-jalan.

5. Perhatikan pola makan

Meski sedang libur, pola makan sehat tidak boleh libur. Boleh saja menikmati makanan mewah, berlemak, tinggi kolesterol, atau minuman beralkohol. Namun, jangan sampai berlebihan. Imbangi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Semuanya itu bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Serat yang tinggi dalam buah dan sayur pun baik untuk pencernaan serta dapat membuat Anda tidak mudah lapar dan lemas.

 

Sumber Asli: Lifehack

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/1/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer