Sukses


Manfaat Menonton Film bagi Kesehatan Mental, Bukan Sekadar Hiburan Saja

Bola.com, Jakarta - Menonton film tidak hanya bermanfaat menghibur, melainkan memberi berbagai manfaat lain khususnya bagi kesehatan mental.

Banyak orang gemar menonton film dalam berbagai genre, baik film horor, komedi, aksi, romantis, maupun slice of life, apakah itu di bioskop maupun ponsel dengan berlangganan aplikasi streaming.

Layanan streaming yang ada saat ini makin memudahkan penggunanya untuk menonton film di mana saja, kapanpun.

Beberapa orang menonton film sekadar untuk mengisi waktu luang, yang lain memanfaatkannya sebagai sarana mencari hiburan. Ada pula yang ingin melihat akting aktris atau aktor idola. 

Apa pun alasannya, menonton film memiliki manfaat bagi kesehatan mental, sehingga sesekali Anda perlu melakukannya.

Berikut ini manfaat menonton film bagi kesehatan mental, yang perlu Anda ketahui, disadur dari Klikdokter, Rabu (4/5/2022).

2 dari 4 halaman

Sarana Melepas Emosi

Apakah Anda tergolong orang yang dibuat baper menangis atau tersenyum-senyum sendiri saat nonton film?

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk mengekspresikan emosi, menonton film dapat menjadi sarana Anda untuk melepas emosi seperti menangis atau tertawa. 

Di kehidupan nyata, Anda pun akan lebih nyaman dan lebih terbiasa untuk mengekspresikan emosi serta memudahkan untuk konseling psikiatri.

Satu di antara gejala dari Depresi adalah emosi yang datar atau kaku, tidak mampu merasakan emosi positif maupun negatif.

Maka itu, orang yang kesulitan mengekspresikan emosi, semisal menangis atau tertawa, cenderung lebih rentan untuk mengalami stres dan depresi akibat emosi yang terpendam.

3 dari 4 halaman

Membuat Bahagia

Anda sedang sedih atau stres? Coba menonton film yang Anda sukai untuk menghilangkan kepenatan dan melupakan sejenak masalah Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan di Ohio State University, disebutkan bahwa menonton film sedih atau tragedi dapat membuat lebih bahagia. 

Meski kontradiktif, hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa ketika Anda menonton film sedih atau tragedi, Anda akan merasa bersyukur akan hidup  Anda.  Film tragedi juga akan membuat seseorang mengapresiasi hal-hal baik yang sudah ia dapatkan dalam hidup.

4 dari 4 halaman

Modalitas Terapi untuk Gangguan Mental

Menurut the Royal College of Psychiatrists di Inggris, banyak psikiater yang kini menyarankan pasien dengan gangguan mental tertentu (seperti gangguan psikosis) untuk menonton film sebagai sarana terapi. Namun pemilihan film juga perlu dicocokkan dengan kondisi medis pasien.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan di the Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment pada 2017, disebutkan bahwa menonton film dapat menjadi distraksi pikiran yang baik untuk pasien gangguan cemas. 

Ketika Anda terlarut dalam "dunia yang berbeda" untuk sementara waktu, pikiran Anda akan terfokus pada film tersebut dan kekhawatiran Anda akan hal tertentu sesaat akan memudar. 

Bahkan penelitian yang dilakukan di Aarhus University di Denmark, menyebutkan bahwa film bergenre horror dapat menjadi pilihan yang baik untuk pasien gangguan cemas.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/2/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer