Sukses


Cara Mengatasi Stres di Hari Pertama Kerja usai Liburan, Bikin Semangat

Bola.com, Jakarta Setelah menjalani masa liburan, baik libur panjang maupun akhir pekan, biasanya sebagian seseorang merasa stres dan malas kembali ke rutinitas pekerjaan. Padahal, liburan idealnya akan menyegarkan pikiran dan menambah semangat untuk kembali beraktivitas.

Namun, tak bisa dimungkiri, terkadang liburan bisa memberi efek sebaliknya dan bikin susah fokus serta kurang bersemangat. Sebagian orang masih belum bisa berpaling dari masa liburan.

Saat masa liburan usai, tentu harus segera bersiap kembali pada tanggung jawab yang harus dijalankan dengan penuh semangat.

Kembali bekerja dengan penuh semangat setelah liburan pastinya membutuhkan proses. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bebas stres di hari pertama kerja usai liburan.

Berikut ini rangkuman tentang cara mengatasi stres di hari pertama kerja setelah liburan, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (4/5/2022).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Stres di Hari Pertama Kerja

Buat Jadwal Kerja di Hari Pertama

Membuat daftar pekerjaan yang akan dimulai dari jam pertama hingga jam akhir agar pekerjaan Anda mudah dan tersusun dengan rapi. Mempunyai jadwal yang jelas maka Anda akan memiliki tujuan kerja yang jelas.

Hal itu yang membuat Anda makin bersemangat. Jadi, tidak ada alasan buat Anda untuk bermalas-malasan.

Buat Rencana Menyenangkan Sepulang Kerja

Meski sudah kembali bekerja, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang–senang. Buatlah jadwal bertemu dengan sahabat. Menghadiahi diri Anda dengan berburu kuliner favorit juga bisa menjadi solusi lain.

Cara tersebut akan menjadi transisi yang menyenangkan usai liburan sebelum akhirnya Anda kembali tenggelam dengan pekerjaan Anda.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Stres di Hari Pertama Kerja

Tutup Galeri Foto Liburan di Ponsel

Foto–foto di tempat liburan Anda mungkin memang indah dan instagrammable, tapi terus menerus mengecek galeri foto liburan di ponsel hanya akan membuat Anda semakin sulit move on.

Kondisi tersebut justru bisa mengurangi motivasi dalam bekerja. Jadi, segera tutup galeri foto dan media sosial Anda selama bekerja.

Selesaikan Liburan 1-2 hari sebelum Mulai Hari Kerja

Satu di antara kesalahan yang sering membuat orang stres saat hari pertama kerja adalah waktu yang mepet saat kembali usai liburan.

Sebagian besar orang biasanya baru pulang liburan di malam hari dengan alasan supaya tidak rugi. Padahal keesokan harinya Anda sudah harus mulai bekerja.

Hal ini bisa membuat Anda semakin malas dan stres saat mulai bekerja.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Stres di Hari Pertama Kerja

Memulai dari yang Mudah

Setelah selesai liburan, pekerjaan biasanya menumpuk. Jangan khawatir dan jangan mengeluh. Kerjakanlah kerjaan yang menurut Anda mudah dan cepat selesai.

Seperti halnya pekerjaan yang mudah itu menjadi pemanasan, jika sudah panas mulailah pekerjaan yang sulit. Dengan begitu, semangat Anda akan pulih kembali.

Bertemu dengan Rekan Kantor

Membangkitkan suasana hati saat kembali bekerja setelah liburan memang sulit. Tetapi, Anda bisa berbagi cerita liburan dengan rekan kantor.

Tunjukkan momen liburan yang menyenangkan dan luar biasa. Hal ini bisa membuat suasana hati jauh lebih baik dan menyenangkan.

Dengan saling berbagi pengalaman berlibur dari yang menyenangkan sampai yang paling buruk, mood akan cenderung meningkat.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Stres di Hari Pertama Kerja

Jangan Menyelesaikan Semua Pekerjaan dalam Sehari

Pastinya banyak pekerjaan yang terbengkalai selama Anda libur. Meski demikian, hindari mencoba menyelesaikan pekerjaan tersebut sekaligus dalam waktu satu hari.

Hal ini hanya membuat Anda semakin stres. Buatlah prioritas, pekerjaan atau rapat mana yang paling penting untuk didahulukan dan selesaikan satu-persatu.

Cintai Pekerjaan Anda

Pekerjaan tidak akan terasa berat jika Anda bisa mencintai apa yang dilakukan. Memang sepertinya sulit untuk menikmati pekerjaan, terlebih setelah liburan dan kemudian harus menghadapi berbagai pekerjaan di kantor.

Tapi ingatlah, pekerjaan itulah yang bisa membuat Anda pergi liburan. Maka itu, tetap cintai pekerjaanmu meski dalam kondisi yang kurang menyenangkan.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 2/2/2018).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer