Sukses


Contoh-Contoh Surat Penagihan Utang yang Dapat Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Pemberi pinjaman mungkin mengalami susahnya menagih utang kepada perseorangan atau perusahaan. Adakalanya peminjam tidak menepati kesepakatan dengan tidak membayar utang tepat waktu atau sudah melampaui tempo yang diberikan.

Maka itu, pemberi pinjaman berhak untuk memberikan surat penagihan utang kepada pihak peminjam.

Utang yang dimaksud bukan hanya berupa uang saja. Namun, juga utang pembayaran pembelian barang, pembayaran jasa, faktur penjualan, memo kredit dan bukti penerimaan kas yang sering ditemukan pada perusahaan.

Surat penagihan utang biasanya akan diberikan untuk memperingatkan bahwa sudah saatnya untuk melunasi atau mengembilkan pinjaman tersebut.

Selain itu, dengan adanya surat penagihan utang membuat pemberi pinjaman dan pihak peminjam yang memiliki utang terikat dalam perjanjian hukum.

Berikut ini kumpulan contoh surat penagihan utang yang dapat dijadikan referensi, dikutip dari laman Pinterpandai dan Suratresmi, Kamis (5/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Surat Penagihan Utang Perusahaan

PT ABADI TERUS

Jalan Buah Batu Nomor 151

Jakarta

 

Nomor : VIII/2021/1234

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami sampaikan bahwa pengajuan penundaan pembayaran proyek lanjutan sebanyak 25 persen atau sebesar Rp50.000.000 telah jatuh melewati tempo.

Untuk melakukan kelanjutan pekerjaan, diharapkan agar segera melunasi pembayaran yang ada. Pembayaran ini sudah disesuaikan dengan surat pengajuan sebelumnya yang bernomor VIII/2021/1234 tanggal 18 Maret 2021.

Uang tersebut selanjutnya akan dipergunakan untuk membayar upah pekerja serta melakukan kelanjutan proyek seperti yang dijanjikan serta akan dipergunakan untuk pembelian bahan kelanjutan proyek.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagaimana semestinya. Kami mengharapkan kesediaannya untuk segera melunasi pembayaran kembali. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

 

Jakarta, 17 Maret 2021

Hormat kami,

 

Bambang Tri

Direktur Keuangan PT Abadi terus

3 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Surat Penagihan Utang Bank

BANK ABC

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 66, Jakarta.

Nomor : 011/BKG-SPH/VIII/2021

 

Kepada Yth,

Bapak Budi

Di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sampaikan surat penagihan utang Bapak yang sebesar Rp1.000.000.000,00 sudah melewati jatuh tempo.

Dikarenakan sudah melewati tanggak jatuh tempo yang diberikan maka Bapak akan dikenakan beban tambahan sebesar 15 persen.

Untuk pembayaran utang tersebut, bapak dapat datang langsung ke kantor saya dan membicarakannya. Surat ini dapat menjadi acuan untuk Bapak bawa ke kantor kami. Batas waktu akan ditambah selama 20 hari.

Surat ini dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya jika Bapak sudah melunasi pembayaran. Dengan begitu, Bapak tidak akan mendapatkan kerugian.

Demikian surat ini saya sampaikan kepada Bapak. Dimohon untuk kerja samanya dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Jakarta, 30 September 2021

Hormat kami,

 

Bambang Tri

Direktur Keuangan BANK ABC

4 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Surat Penagihan Utang Transaksi Jual-Beli

PT SUMBER FURNITURE

Jl Turangga Selatan Nomor 123, Jakarta

 

Nomor : 120/KG-STPB/VIII/2021

Lampiran : 2 (dua) lembar

Perihal : Permohonan Kelanjutan Pembayaran Proyek

 

Kepada Yth,

Manajer PT ABC

Budi Sudarsono

Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 51, Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa berdasarkan catatan pembukuan kami per tanggal 16 Januari 2021, telah dikirim sebanyak 20 unit meja kerja. Namun, hingga hari ini, 30 September 2021, Bapak belum membayar yang ketiga kali.

Sesuai perjanjian, pembayaran peralatan kantor ini dijadwalkan akan diangsur selama lima kali. Total pembayaran yang harus dibayar adalah sebesar Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan kesepakatan bersama sesuai faktur terkait. Faktur sudah kami lampirkan di surat ini untuk dipergunakan sebagai acuan.

Sebagai pertimbangan yang sudah disepakati, bahwa pembayaran akan dilakukan setiap bulan dengan maksimal tempo yaitu dua minggu. Tertanggal hari ini 30 September 2021, jatuh tempo sudah diberlakukan.

Dengan ini juga kami memperjelas kembali bahwa Anda telah melewatkan pembayaran ketiga pada bulan lalu. Maka itu, pembayaran sudah menunggak selama dua kali.

Dimohon kerja sama untuk membayar secepatnya agar pembelian selanjutnya dapat diproses. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

PT Sumber Furniture

5 dari 5 halaman

Contoh-Contoh Surat Tagihan Utang Teman

Bambang Pamungkas

Jalan Senang Nomor 77, Jakarta Selatan.

 

Kepada Yth,

Bapak Johan

Di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sampaikan bahwa pembayaran utang sebesar Rp20.000.000 telah jatuh melewati tempo. Untuk pembayaran utang tersebut, Bapak dapat datang langsung ke kantor atau rumah saya.

Surat ini dapat menjadi acuan untuk Bapak bawa ke kantor kami. Batas waktu akan ditambah selama 20 hari. Surat ini juga dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya jika Bapak sudah melunasi pembayaran.

Dengan begitu, Bapak tidak akan mendapatkan kerugian. Demikian surat ini saya sampaikan kepada Bapak. Dimohon untuk kerja samanya dan terima kasih atas perhatiannya.

 

Jakarta, 30 Desember 2021

Salam hormat,

 

Tri Hartini

 

Sumber: Pinterpandai, Suratresmi

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer