Sukses


Manfaat Mengonsumsi Jeroan bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jeroan sudah dikenal sebagai bagian dari daging yang mengandung kolesterol tinggi sehingga banyak dihindari. Hal itu tidak salah. Bagi beberapa orang, jeroan wajib dihindari, atau setidaknya tidak terlalu sering dikonsumsi.

Namun, jeroan tak selamanya memiliki dampak negatif. Mungkin tidak banyak yang tahu, jeroan punya manfaat positif bagi kesehatan.

Hanya, Anda tetap harus berhati-hati. Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi jeroan. Pasalnya, konsumsi jeroan yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar asam urat darah, dan menyebabkan dislipidemia (kadar lemak darah berlebih) terutama pada orang yang obesitas.

Anda disarankan mengonsumsi jeroan hanya sesekali saja sebagai variasi dalam menu makanan Anda. Selain itu, perhatian pula cara mengolahnya.

Berikut manfaat mengonsumsi jeroan bagi kesehatan, yang jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Jumat (6/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Jeroan bagi Kesehatan

1. Sumber protein

Jeroan mengandung protein hewani, kendati tidak sebanyak di dalam daging. Perlu diingat, sumber protein hewani lebih baik dibanding protein nabati. 

Protein hewani mengandung jenis asam amino esensial yang lebih lengkap.

Contoh jeroan yang banyak mengandung protein adalah lidah dan hati.

2. Sumber lemak

Manfaat jeroan bisa didapat dari kandungan lemaknya yang tinggi. Lemak dibutuhkan oleh tubuh karena termasuk makronutrien.

Setiap harinya, tubuh membutuhkan 20-25 persen asupan kalori dari lemak. Apalagi untuk anak di bawah dua tahun, kebutuhan lemak lebih tinggi untuk pertumbuhan otak.

Jenis jeroan yang mengandung kadar lemak tinggi adalah otak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Jeroan bagi Kesehatan

3. Mengandung vitamin A

Jeroan mengandung kadar vitamin A yang tinggi. Vitamin A termasuk antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, mencegah penyakit kanker dan menjaga kesehatan mata.

Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Jadi, wajar jeroan kaya akan vitamin A karena jeroan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

4. Mengandung vitamin B kompleks

Jeroan juga mengandung vitamin B kompleks yang tinggi, termasuk vitamin B2, B3, B6, dan B12.

Vitamin B memiliki banyak manfaat, mulai membantu metabolisme tubuh agar stamina tubuh lebih baik, mencegah penyakit beri-beri dan anemia, menjaga kesehatan otak, hingga melindungi tubuh dari risiko penyakit jantujng dan pembuluh darah.

5. Mengandung Coo-Q10

Selain berbagai vitamin, jeroan kaya akan Co-enzyme Q10 atau yang biasa disingkat dengan Co-Q10. Kandungan ini jmemiliki fungsi penting bagi tubuh.

Co-Q10 merupakan satu di antara antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. selain itu, dapat mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kadar zat oksidan berlebih dalam tubuh, seperti kanker atau penyakit jantung dan pembuluh darah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Jeroan bagi Kesehatan

6. Mengandung zat besi

Kadar zat besi banyak terkandung dalam jeroan, seperti hati. Zat besi telah diketahui sangat penting bagi tubuh untuk mencegah anemia.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab anemia yang paling banyak ditemui di masyarakat. Maka itu, mengonsumsi jeroan seperti hati menjadi satu di antara cara untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Manfaat jeroan yang mengandung zat besi juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Pada anak, zat besi yang cukup, penting untuk membantu perkembangan otak.

7. Menyehatkan kehamilan

Manfaat jeroan lainnya adalah menyehatkan kehamilan. Kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mencegah rasa mual pada kehamilan awal.

Selain itu, kandungan vitamin B12 dan zat besi di dalamnya dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Bagi pria, jeroan juga dapat mengurangi risiko terjadinya disfungsi ereksi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer