Sukses


6 Cara agar Tidur Siang Anda Efektif, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Tidur siang merupakan kegiatan yang bisa mengembalikan energi jika dilakukan dengan cara yang tepat. Tidur siang bisa membantu menyegarkan pikiran sehingga bisa kembali melanjutkan aktivitas secara produktif.

Ada berbagai macam manfaat tidur siang, seperti meningkatkan kinerja kognitif, meningkatkan memori jangka pendek, mengurangi kantuk dan kelelahan, dan meningkatkan kinerja atletik.

Cara tidur siang yang baik dan benar tidak lepas dari durasi tidur siang yang ideal. Namun, sebenarnya, lamanya waktu untuk tidur siang dapat bervariasi tergantung individu, mulai usia hingga siklus tidur mereka.

Ada dua durasi tidur siang, yakni pendek dan panjang. Durasi pendek sekitar 20 menit, sememtara durasi panjang berkisar antara 25-45 menit.

Berikut cara agar tidur siang Anda efektif, disadur dari Klikdokter, Senin (9/5/2022).

2 dari 3 halaman

Cara agar Tidur Siang Anda Efektif

1. Jangan Tidur Lebih dari 30 Menit

Durasi tidur yang ideal adalah sekitar 20 menit dan tidak lebih dari 30 menit. Waktu yang tidak terlalu panjang ini akan mencegah tubuh untuk mencapai tahapan tidur yang lebih dalam dan mencegah terbangun dengan rasa pusing.

Meski durasi 20 menit merupakan waktu tidur yang ideal untuk sebagian besar orang, durasi ini dapat berbeda pada orang lain.

Seseorang mungkin memerlukan serangkaian percobaan waktu tidur siang, mulai 10-45 menit, untuk menentukan durasi tidur siang yang ideal untuk dirinya.

2. Temukan Tempat yang Tenang

Satu di antara cara tidur siang yang baik dan benar adalah menemukan tempat yang ideal untuk tidur. Tempat yang sepi dan tenang akan membantu Anda memanfaatkan waktu singkat yang Anda miliki untuk tidur siang dengan nyaman.

3. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Sore

Tips tidur siang selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu untuk tidur siang. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah di tengah hari. Jika tidur dilakukan terlalu sore, Anda bisa tetap terjaga hingga malam hari sehingga jadwal tidur malam Anda terganggu.

3 dari 3 halaman

Cara agar Tidur Siang Anda Efektif

4. Perhatikan Jadwal Konsumsi Kafein Anda

Secara umum, asupan kafein, baik dalam kopi maupun minuman lainnya, mempermudah seseorang untuk terjaga.

Cara tidur siang yang efektif bisa dilakukan dengan memperhatikan jadwal konsumsi kafein. Waktu konsumsi kafein harus disesuaikan dengan jadwal tidur siang Anda agar tidak mengganggu kemudahan untuk tertidur.

5. Rencanakan Tidur Siang Anda

Perencanaan waktu tidur siang menjadi satu di antara tips untuk tidur siang yang penting untuk diperhatikan. Sebab, rasa tidak nyaman bisa Anda rasakan jika Anda menunggu datangnya rasa kantuk.

Waktu tidur siang yang teratur dan direncanakan dapat membuat tubuh terbiasa dengan rutinitas Anda, serta membantu untuk tertidur lebih cepat dan terbangun lebih mudah.

6. Terapkan Tidur Siang sebagai Rutinitas

Selain merencanakan waktu tidur siang, Anda perlu menerapkannya sebagai rutinitas harian. Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang rutin tidur siang akan memiliki tidur malam hari yang lebih baik.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer