Sukses


Cara Meningkatkan Semangat Kerja, Jaga Kinerja Anda

Bola.com, Jakarta - Cara meningkatkan semangat kerja perlu Anda ketahui. Pasalnya, menjalani runitinas rentan menimbulkan kejenuhan. Tak terkecuali dalam hal pekerjaan yang Anda tekuni.

Kejenuhan dalam bekerja merupakan kewajaran. Saat kebosanan dalam pekerjaan melanda, Anda mungkin merasa malas melakukan tugas-tugas harian Anda. Jangankan menjalankan kewajiban, untuk sekadar bangun pagi, bersiap, dan pergi ke kantor saja rasanya malas bukan main.

Banyak di antara kalangan pekerja yang merasakan hal serupa. Meski wajar, Anda tak boleh membiarkan kejenuhan menurunkan semangat kerja Anda.

Kejenuhan yang tidak segera diatasi berpotensi menurunkan kinerja dan performa Anda. Bisa-bisa atasan bakal menegur Anda.

Jika Anda mengalami hal serupa, Anda harus segera bangkit dan melawan kebosanan tersebut. Ada berbagai cara untuk kembali mendongkrak mood kerja Anda.

Cara-cara apa saja? Berikut beberapa cara untuk meningkatkan semangat kerja, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (10/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Semangat Kerja

1. Bangun perspektif baru

Menurut Steve Gordon dari RDQLUS Creative Arts and Marketing, saat Anda dihadapkan pada rasa bosan saat bekerja, coba untuk mulai melakukan aktivitas lain seperti membaca atau menonton film kesukaan. Hindari pekerjaan Anda untuk beberapa saat.

Tak hanya itu, coba untuk menempatkan diri Anda sebagai orang lain. Bayangkan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan memengaruhi hajat hidup orang banyak. 

Membangun perspektif baru dapat memicu semangat kerja, bahkan bisa membuat Anda berpikir lebih kreatif.

2. Lihat dunia di luar diri

John Jamilkowski, Direktur Kreatif di jaringan kabel TNT, mengatakan, ketika ia merasa bosan dengan sebuah pekerjaan, dia akan berlatih ke hal-hal yang tidak terkait dengan pekerjaannya.

Sementara itu, Julie Klappas, Direktur Eksekutif Kreatif di Clementine Entertainment, mengungkapkan, ia menggunakan media sosial untuk meningkatkan semangat dan kreativitas dalam bekerja.

Ia mengungkap terkadang melihat Instagram dari orang kreatif yang dikagumi. Melihat pilihan kreatif orang lain bisa mengilhami dirinya untuk memaksimalkan pekerjaan yang awalnya terasa membosankan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Semangat Kerja

3. Tertawa

Merasa bosan, frustrasi, atau terjebak di tempat kerja memang tidak menyenangkan. Jadi cobalah untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda tertawa.

Anda juga bisa break sejenak untuk mendengarkan musik atau menonton film lucu. Namun, ingat, jangan kebablasan.

Perlu diketahui, ssesuatu yang membuat tertawa, dapat membantu Anda menyingkirkan kebosanan.

4. Berjalan-jalan

Ketika Anda menemukan hambatan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, coba untuk berjalan-jalan ke ruangan lain untuk mencari inspirasi atau suasana baru.  

Perubahan sederhana ini terkadang bisa menyalakan kembali sel otak hingga akhirnya meningkatkan semangat dan kreativitas dalam bekerja.

 

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Semangat Kerja

5. Mengubah sudut pandang

Tom Kelley dari perusahaan desain produk industri IDEO mempunyai cara unik saat menghadapi kebosanan saat bekerja. Kelley membalikkan istilah déjà vu dengan vuja de.

Itu adalah tindakan untuk melihat sesuatu yang telah Anda lihat sebelumnya, tetapi melihatnya dengan cara yang baru. 

Coba untuk melihat sebuah pekerjaan seolah-olah Anda adalah sutradara film yang sedang merancang sesuatu. Dengan begitu, hal ini akan memberi perspektif baru dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Sumber asli: Fastcompany

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/11/2017)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer