Sukses


Manfaat Positif Tertawa bagi Kesehatan Jantung, Ketahui Tipsnya

Bola.com, Jakarta - Tertawa telah diketahui memiliki manfaat positif bagi kesehatan Anda. Itulah mengapa, Anda tak boleh pelit untuk mengumbar tawa Anda. 

Beberapa manfaat baik tertawa, di antaranya mengaktifkan dan melegakan respons terhadap stres, mengurangi ketegangan pada tubuh, memperbaiki sistem daya tahan tubuh, dan meredakan nyeri.

Tertawa juga dapat menstimuli berbagai organ di dalam tubuh, seperti jantung. Yap, tertawa juga memiliki manfaat bagus untuk kesehatan jantung Anda.

Dilansir dari Klikdokter, dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjukkan hubungan yang kuat antara emosi dan kesehatan jantung. 

Penelitian tersebut menyebut bahwa permusuhan, kemarahan, Depresi, kecemasan, dan isolasi sosial mengarah pada tingkat penyakit jantung yang lebih tinggi.

Di sisi lain, tertawa, perasaan bahagia, dan selera humor tinggi berhubungan dengan kesehatan jantung yang terjaga. Lalu, apa saja manfaat tertawa bagi kesehatan jantung?

Berikut penjelasannya, beberapa manfaat positif tertawa bagi kesehatan jantung, ketahui pula tipsnya, disadur dari Klikdokter, Selasa (10/5/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Positif Tertawa bagi Kesehatan Jantung

Peningkatan aliran darah

Para peneliti di University of Maryland Medical Center menemukan bahwa tertawa mampu meningkatkan aliran darah dengan melebarkan lapisan dalam pembuluh darah yang disebut endotelium.

Tertawa juga menyebabkan pelepasan beta-endorfin dalam hipotalamus, yang mengarah pada pelepasan oksida nitrat. Oksida nitrat adalah bahan kimia yang melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Para peneliti mengatakan bahwa perubahan endotelium yang disebabkan oleh tertawa tampaknya mirip dengan manfaat latihan aerobik atau penggunaan obat penurun kolesterol seperti statin. Perbedaannya, bahwa tertawa dilakukan secara spontan sehingga mampu memberikan efek secara langsung.

Mengurangi hormon stres

Tertawa terbukti memiliki efek menguntungkan pada aspek lain dari biokimia tubuh. Contohnya, tertawa mengarah pada pengurangan hormon stres, termasuk kortisol dan epinefrin. 

Dengan demikian,tertawa mampu menjaga pembuluh darah tetap lebar sehingga aliran darah dan kinerja jantung tetap optimal.

Peningkatan antibodi

Tertawa meningkatkan jumlah sel penghasil antibodi. Ini mengarah pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dalam melawan infeksi.

Tertawa mengarah pada pengurangan respons negatif tubuh terhadap stres dan membuat pembuluh darah tubuh – termasuk jantung – untuk meningkatkan aliran darah sesuai kebutuhan.

3 dari 3 halaman

Tips yang Bisa Anda Terapkan

Apabila Anda ingin tertawa supaya jantung bisa sehat, beberapa tips yang bisa diterapkan, sebagai berikut:

  • Tonton komedi di TV atau di bioskop. Orang yang hobi melihat hal berbau komedi memilliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang menonton film drama.
  • Lihat segala hal dari sisi yang lebih ringan.
  • Habiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang-orang terkasih yang membawa sukacita dan perasaan bahagia.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/2/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer