Sukses


Daftar Kebiasaan Baik sebelum Tidur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Selain bisa menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit, penampilan pun bisa menjadi lebih menarik dengan memiliki berat badan yang ideal.

Ada beragam cara yang bisa diterapkan guna memiliki berat badan yang ideal, terutama bagi Anda yang selama ini memiliki berat badan berlebih.

Kebanyakan orang biasanya akan melalukan olahraga dan diet ketat mengurangi asupan kalori dan gula dalam makananya.

Hal itu tidak salah. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa aktivitas yang dilakukan sebelum tidur, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Dengan coba mempraktikkannya secara rutin, dibarengi dengan olahraga dan menerapkan pola makan yang tepat, niscaya berat badan Anda akan mengalami penurunan.

Berikut daftar kebiasaan baik sebelum tidur untuk menurunkan berat badan, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (11/5/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

1. Minum Secangkir Teh 

Penelitian membuktikan bahwa 102 partisipan yang minum teh sebelum tidur selama enam minggu berturut-turut mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Satu di antara jenis teh yang disebut dalam penelitian ini adalah teh oolong.

Saat sedang berusaha untuk terlelap, sering kali pikiran terbebani oleh banyaknya masalah yang dihadapi. Hal ini dapat memengaruhi tidur Anda di malam hari. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi teh sebelum tidur dapat membantu membuat pikiran Anda menjadi rileks sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selain karena wanginya yang menenangkan, mengonsumsi teh herbal juga bisa menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Oleh karena itu, teh herbal sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

2. Konsumsi Asam Amino Triptofan

Satu paha ayam yang kurang lebih mengandung 1/4 gram triptofan dapat membuat Anda lebih nyenyak tertidur. Dengan mengonsumsinya 3 atau 4 jam sebelum tidur, durasi Anda tertidur akan meningkat. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi proses pembakaran lemak

Selain paha ayam, Anda bisa menemukan asam amino triptofan pada daging sapi, ikan salmon, dan tuna.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

3. Peregangan Otot 

Peregangan otot dilakukan setidaknya satu jam sebelum tidur dapat menjadi pemicu rasa kantuk. Maka itu, agar kualitas tidur lebih baik sehingga proses pembakaran lemak lebih optimal, peregangan otot sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas sebelum Anda memejamkan mata.

Beberapa rutinitas lain yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya membaca novel, menulis dalam sleep diary, meditasi atau hal lain yang membuat tubuh relaks.

4. Dinginkan Suhu Ruangan

Gunakan pendingin udara di dalam kamar dan atur suhunya hingga menyentuh 18 derajat celcius. Hal ini bisa membantu proses pembakaran lemak di perut saat tidur, khususnya jika dilakukan dalam empat minggu.

Jika suhu dirasa kurang dingin, tanggalkan beberapa pakaian Anda dan gunakan selimut tipis untuk menutupi tubuh agar tidak menggigil.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mandi sebelum tidur untuk membantu menurunkan suhu tubuh sehingga proses pembakaran lemak saat tidur menjadi lebih optimal.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

5. Olahraga 

Ada mitos yang berkata, 'Olahraga malam membuat seseorang terjaga sepanjang malam'. Hal ini tidak benar. Faktanya, olahraga sebelum tidur berguna untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, orang yang lebih aktif akan memiliki 56-67 persen kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini tidak bergantung pada waktu berolahraga.

Baik olahraga yang sifatnya kardio maupun beban, keduanya merupakan cara membakar lemak sebelum tidur. Orang yang sering melakukan latihan angkat beban memiliki laju metabolisme yang tinggi dibanding yang tidak berolahraga.

Jadi, jangan takut olahraga di malam hari untuk membantu diet Anda.

6. Matikan Lampu Saat Tidur

Tidak semua orang bisa tidur dengan kondisi ruangan yang gelap. Orang-orang cenderung menyalakan lampu tidur di samping tempat tidur. Padahal, hormon melatonin dapat berkurang banyak, walau hanya sedikit lampu yang menyala.

Hormon melatonin ini adalah hormon penting untuk membakar lemak. Faktanya, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap.

Studi dari University of Oxford menemukan, wanita yang tidur di ruangan sangat gelap memiliki kesempatan 21 persen lebih rendah untuk menjadi obesitas dari wanita yang tidur di ruangan terang.

5 dari 5 halaman

Daftar Kebiasaan Baik sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

7. Mandi sebelum tidur

Setelah beraktivitas seharian, mandi menjadi satu di antara pilihan terbaik untuk mengatasi rasa penat dan lelah. Jangan salah, mandi juga termasuk cara untuk menurunkan berat badan di malam hari.

Mandi sebelum tidur dapat membuat tubuh rileks sehingga membantu Anda untuk tidur dengan cepat. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik.

8. Makan Malam Lebih Awal

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah menghindari makan malam terlalu larut. Saat dalam program diet, ketimbang mengurangi jatah makan kurang dari tiga kali sehari, Anda lebih baik mengatur jadwal makan.

Pasalnya, produksi insulin—hormon yang mengubah gula darah menjadi energi dan lemak—tidak begitu efektif di malam hari. Maka itu, makan saat larut malam dalam porsi besar malah akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, lebih baik jadwalkan makan malam Anda lebih awal. Anda dapat makan sebelum jam 8 malam dengan porsi makan yang tidak berlebih.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/11/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer