Sukses


Macam-Macam Bentuk Gerak Dasar Ayunan Lengan dalam Senam Irama

Bola.com, Jakarta - Senam irama merupakan satu di antara cabang olahraga senam yang memiliki ciri khas memadukan antara gerakan dan suara.

Irama yang mengiringi dapat berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain sebagainya. Jadi, hal yang membedakan antara senam irama dengan senam lainnya ialah adanya penambahan ritme.

Dalam praktiknya, senam irama biasanya dilakukan dengan menggunakan alat, seperti pita, tongkat, pita, bola hingga topi. Namun, senam irama juga bisa dilakukan tanpa memakai alat.

Senam irama berangkat dari sejumlah gerakan dasar. Gerakan dasar tersebut kemudian dikembangkan menjadi koreografi tertentu oleh pesenam.

Satu di antara gerakan dasar yang perlu dikuasai oleh pesenam irama adalah gerak dasar ayunan lengan. Ada berbagai macam bentuk gerak dasar ayunan lengan dalam senam irama.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bentuk gerak dasar ayunan lengan dalam senam irama, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (11/5/2022).

2 dari 3 halaman

Bentuk-Bentuk Gerak Dasar Ayunan Lengan

Bicep Curl

Bicep curl adalah gerakan menekuk (flexi) persendian siku dan meluruskanya kembali (extensi), gerakan ini berfungsi untuk melatih otot lengan depan (bicep).

Rowing

Rowing adalah gerakan mendayung yang dominan untuk melatih otot samping badan (latissimus).

Up right row

Up right row adalah gerakan mengangkat tangan dari depan perut bawah ke arah dada. Gerakan mendayung yang dominan berguna melatih otot samping badan (latissimus).

Chest Pres

Chest pres adalah gerakan mendorong lengan ke depan dada. Gerakan tersebut berguna untuk melatih otot dada (pectoral).

Chest pull

Chest pull adalah gerakan yang bentuknya sama dengan chest pres, bedanya pada chest pull aksen gerakannya menuju ke arah dada.

3 dari 3 halaman

Bentuk-Bentuk Gerak Dasar Ayunan Lengan

Butterfly

Gerak ayunan lengan berupa butterfly umumnya juga dikenal dengan istilah 'open the window'. Butterfly adalah gerakan membuka dan menutup lengan bawah di depan wajah, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada.

Flexex

Flexex adalah gerakan menekuk dan meluruskan lengan. Gerakan tersebut bertujuan untuk melatih otot bahu (deltoid).

Shoulder Pres Up

Shaoulder pres up adalah gerakan mendorong lengan ke atas yang bertujuan untuk melatih otot bahu (deltoid).

Arm swing

Arm swing adalah gerakan mengayun lengan baik dalam keadaan lurus atau tertekuk. Gerakan dasar tersebut bertujuan untuk melatih otot bahu (deltoid).

Pumping

Pumping adalah gerakan mendorong kedua lengan ke bawah seperti memompa (berlawanan dengan gerakan up right row).

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel senam irama lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer