Sukses


Cara Menumbuhkan Minat Baca pada Anak, Jadikan Buah Hati Anda Cerdas

Bola.com, Jakarta - Membaca memiliki banyak manfaat baik bagi semua kalangan usia, laki-laki maupun perempuan. Namun, sayangnya, belakangan ini minat baca di kalangan usia muda makin berkurang, aktivitas membaca banyak ditinggalkan.

Utamanya generasi yang lebih muda, enggan intens membaca. Kondisi ini patut disayangkan mengingat membaca merupakan 'jendela dunia'

Ya, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membaca. Maka itu, sebagai orang tua, Anda perlu menerapkan kebiasaan membaca sejak dini pada putra putri Anda. Jangan sampai buah hati Anda tumbuh tanpa kenal kebiasaan membaca. 

American Academy of Pediatrics (AAP/Perhimpunan Dokter Anak Amerika) bahkan mengeluarkan kebijakan dan rekomendasi agar orang tua membacakan cerita pada anak setiap hari, yang dimulai sejak lahir agar anak Anda gemar membaca setelah usianya tepat.

Ada beberapa cara yang bisa orang tua terapkan untuk menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak.

Berikut ulasannya, cara menumbuhkan minat baca pada anak, disadur dari Klikdokter, Kamis (12/5/2022). Selamat mencoba!

2 dari 3 halaman

Cara Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

1. Lakukan '5R' dalam aktivitas sehari-hari Anda bersama anak, segera setelah lahir:

  • Read - Membaca bersama setiap hari sebagai bagian dari aktivitas keluarga yang menyenangkan.
  • Rhyme - Sesering mungkin bermain sambil bernyanyi, berpuisi, berbicara.
  • Routines - Bangun rutinitas yang sama setiap hari untuk makan, bermain, dan tidur sehingga anak tahu apa yang akan dilakukan berikutnya dan apa yang diharapkan darinya.
  • Rewards - Berikan 'hadiah' untuk setiap usaha yang dilakukan anak, misalnya usaha untuk membantu orang lain. Pujian dari orang terdekat merupakan hal yang sangat berharga bagi anak.
  • Relationships - Kembangkan hubungan yang penuh kasih sayang, bertujuan, dan abadi, yang merupakan dasar dari perkembangan otak dan fisik anak yang sehat.

2. Gunakan aktivitas membaca bersama anak sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur. Bacakan cerita setiap hari, kendati hanya untuk beberapa menit. 

Hal ini merupakan cara yang baik untuk memiliki waktu berkualitas bersama anak dan dapat memudahkannya tertidur.

3. Momen membaca haruslah menyenangkan. Anda tidak harus menyelesaikan sebuah cerita apabila anak sudah bosan.

3 dari 3 halaman

Cara Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

4. Biarkan anak memilih buku yang ingin dibaca, meski Anda harus membacakan buku yang sama beberapa kali. Anak belajar dari pengulangan –hal ini membuatnya mengerti isi cerita secara utuh.

5. Bila anak sudah bisa bicara, minta ia ‘membacakan’ cerita dari buku favorit yang sudah dihafalkannya karena diceritakan berulang-ulang.

6. Berhenti sejenak dan tanyakan gambar yang akan muncul pada buku atau apa yang akan terjadi selanjutnya. Anda mungkin akan terkejut dengan jawaban yang diberikannya.

7. Bacalah berbagai macam buku anak, seperti dongeng, puisi, sajak kanak-kanak.

8. Ikuti keinginan anak dalam pemilihan buku. Buku-buku nonfiksi seperti dunia binatang atau mengenai alam juga dapat digunakan.

9. Berbicaralah dengan anak mengenai hal-hal yang dilihatnya di rumah, di toko, atau ketika berjalan-jalan ke berbagai tempat.

10. Bernyanyilah dan hidupkan cerita melalui bermain peran dengan anak.

11. Ajak anak ke perpustakaan agar ia mengenal lebih banyak buku dan belajar mencintainya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/9/2016)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer