Sukses


7 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih bagi Kesehatan, Tak Hanya Bikin Hati Tenang

Bola.com, Jakarta - Tidak hanya musik atau lagu gembira dan bertempo cepat yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Mendengarkan lagu sedih dan galau, juga punya manfaat sehat.

Seperti diketahui, mendengarkan musik memiliki manfaat baik. Bagi beberapa orang, di mana pun dan kapanpun, musik kerap menjadi teman terbaik.

Saat bekerja, dalam perjalanan, ketika berolahraga, dan melakukan berbagai aktivitas lain, musik bisa jadi teman setia. 

Ada berbagai jenis musik, biasanya kita mendengarkan lagu-lagu favorit sesuai mood. Saat suasana hati sedang sedih atau galau, lagu-lagu sedih yang kita pilih untuk dengarkan. 

Saat kita berolahraga, kita mendengarkan lagu bertempo cepat, dan saat bekerja, lagu-lagu kesukaan dari berbagai genre bisa jadi pendukung tepat untuk memicu produktivitas.

Maka itu, setiap jenis lagu memiliki manfaatnya sendiri, tak terkecuali musik sedih atau lagu galau. Sebagian besar orang mengaku, setelah mendengarkan lagu sedih, perasaan mereka justru jadi lebih baik. 

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain dengan mendengarkan lagu sedih. Berikut penjelasannya, manfaat mendengarkan lagu sedih bagi kesehatan, disadur dari Klikdokter, Kamis (12/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih bagi Kesehatan

1. Menenangkan hati dan pikiran

Berbeda dengan pemikiran banyak orang yang menganggap bahwa mendengarkan lagu sedih dapat membuat seseorang menjadi tambah sedih bahkan depresi, mendengarkan lagu sedih justru bikin perasaan jadi lebih tenang.

2. Meningkatkan produksi hormon Oksitosin dan Prolaktin

Manfaat lagu galau yang kedua adalah ini dapat membantu tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang dapat memperbaiki mood seseorang menjadi lebih baik, yaitu hormon oksitosin dan prolaktin.

3. Bisa merasakan sensasi nostalgia

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan, dengan mendengarkan musik sedih, Anda dapat mengenang masa lalu (nostalgia).

Dengan bernostalgia, ingatan akan masa lalu yang menyenangkan serta kenangan indah yang pernah dimiliki dapat muncul kembali ke permukaan.

Hal tersebut dapat mengatasi stres dan membantu Anda mengatasi masalah dan kesedihan yang dialami.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih bagi Kesehatan

4. Belajar memahami sudut pandang lain

Manfaat lagu sedih selanjutnya adalah kita jadi bisa belajar memahami sudut pandang lain.

Terkadang, kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan itu menyakiti orang lain. Nah, dengan musik tersebut, kita jadi tahu bahwa hal yang kita lakukan tidak tepat dan bisa menimbulkan luka di hatinya.

Hal ini juga bisa menjadi bekal Anda untuk mengambil langkah dan keputusan di kemudian hari. nDA perlu menimbangkan banyak hal demi meminimalkan kerugian buat orang lain.

5. Meningkatkan rasa empati

Manfaat lagu sedih yang kelima adalah membantu kita dalam menumbuhkan sensitivitas dan empati kepada orang lain dan kondisi sekitar.

Jika sudah tumbuh empati, kita cenderung lebih semangat untuk berjuang, berkorban, dan berpikiran positif.

Hal ini membuat kita bisa keluar dari permasalahan diri sendiri secara damai. Tambah lagi, kita jadi terinspirasi untuk membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih bagi Kesehatan

6. Dukungan emosional buat diri sendiri

Terkadang, kita berada di posisi yang belum bisa menceritakan masalah pribadi kepada orang lain.

Untuk membunuh rasa sepi dan sendiri tersebut, kita bisa mendengarkan lagu galau. Dengan mendengarkannya, kita jadi merasa ada yang senasib dengan kita.

Apalagi, berbagai studi telah menemukan bahwa lagu-lagu 'pahit' justru bisa membantu menstabilkan mood karena memberikan dukungan moral, baik melalui lirik maupun nadanya yang mellow. Ini sekaligus menekankan bahwa sometimes, it’s okay not to be okay.

7. Melepaskan perasaan negatif

Manfaat lagu galau dan menye-menye yang terakhir adalah mampu membantu Anda melepaskan perasaan dan energi negatif yang selama ini membebani pikiran.

Jika itu sudah dilepaskan, yang tersisa di dalam diri tinggal emosi positif. Anda pun bisa melanjutkan hari dengan lebih ringan serta tidak mudah tersinggung lagi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer