Sukses


Macam-Macam Bidang Akuntansi, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi keuangan dalam berbagai aktivitas. Istilah akuntansi diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu accounting, yang artinya menghitung.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akuntansi adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.

Akuntansi juga diartikan sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Tanpa disadari, akuntansi sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Namun, biasanya akuntansi banyak digunakan dalam aktivitas bisnis perusahaan.

Untuk itu memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda, dibuat bidang-bidang khusus dalam akuntansi. Jadi, ada berbagai macam bidang dalam akuntansi.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bidang akuntansi yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (13/5/2022). 

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bidang Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang mengkhususkan dalam proses pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan bersifat serbaguna.

Adapun kegiatan akuntansi keuangan meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan, yang meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan.

Fungsi akuntansi manajemen antara lain untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management) merupakan tren baru dalam akuntansi manajemen.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bidang Akuntansi

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi.

Akuntansi biaya umumnya digunakan oleh perusahaan yang kegiatan utamanya mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (manufaktur).

Melalui akuntansi biaya tersebut selanjutnya akan didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan.

4. Auditing

Auditing adalah bidang akuntansi yang kegiatanya melakukan pemeriksaan untuk menilai kewajaran dari laporan keuangan yang disusun oleh suatu perusahaan.

Bidang ini berhubungan dengan audit secara bebas terhadap laporan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan.

5. Akuntansi Anggaran

Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan perencanaan untuk menetapkan sasaran penjualan dan perolehan laba.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bidang Akuntansi

6. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya mengkhususkan dalam penyiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak.

7. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi di badan pemerintahan.

Akuntansi pemerintahan menyediakan laporan akuntansi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara.

8. Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.

9. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan yaitu berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer