Sukses


Daftar Makanan Pembentuk Otot, Bikin Badan Oke

Bola.com, Jakarta - Memiliki tubuh berotot menjadi harapan hampir semua kaum laki-laki. Dengan tubuh berotot dapat menunjang penampilan sehingga kepercayaan diri pun meningkat.

Tidak hanya itu, tubuh berotot bisa menjadi wujud pola hidup sehat yang diterapkan. Pasalnya, untuk membentuk otot-otot, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tubuh berotot merupakan hasil perjuangan melalui olahraga rutin dan terarah. Dengan begitu, kesehatan Anda lebih terjaga.

Selain berolahraga, pembentukan otot juga bisa dibantu dengan konsumsi suplemen, asupan makanan-makanan tertentu, maupun terapi pembentuk otot.

Secara khusus, ada beberapa makanan yang memang memiliki manfaat baik terhadap pembentukan otot. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut dibarengi olahraga secara rutin dan teratur, hasilnya pasti akan lebih memuaskan.

Berikut daftar makanan pembentuk otot agar tubuh berotot, yang perlu Anda ketahui, disadur dari Klikdokter, Jumat (13/5/2022).

2 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot

1. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin memiliki tubuh berotot. Hal ini karena protein di dalam telur akan memecah lemak dalam perut, serta lemak di area tubuh lainnya.

Vitamin B12 pun ada di dalam telur sehingga bisa Anda andalkan selama diet pembentukan otot perut, terutama bila Anda memakan bagian putihnya secara rutin.

2. Dada ayam

Daging ayam, terutama bagian dada, adalah yang paling baik dalam mendukung diet pembentukan otot perut. Jika ingin membentuk otot, pastikan Anda mengonsumsi daging ayam tanpa bagian lemak atau kulitnya.

3. Ubi

Sama dengan kentang, ubi merupakan sumber karbohidrat tinggi. Namun, ubi juga bisa meningkatkan massa otot secara alami serta menambah stamina.

Kandungan mineral serta vitamin di dalam ubi juga tinggi. Kandungan ini diketahui mampu menjadi pengendali kadar gula darah agar tetap dalam kondisi seimbang.

 

 

3 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot

4. Asparagus

Asparagus mengandung kromium yang mampu mengendalikan kadar gula darah. Sayuran hijau ini juga bagus untuk mencegah rasa lapar datang kembali.

Vitamin C dan vitamin K di dalam asparagus mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menjadikan proses penyerapan kalsium lebih maksimal.

Tak hanya itu, Asparagus merupakan bahan makanan yang mampu mengurangi estrogen di dalam tubuh. Proses ini membantu tubuh dalam penggunaan cadangan lemak sebagai energi.

5. Bayam

Bayam rendah kalori dan memiliki serat tinggi. Hal ini membuat bayam menjadi makanan yang memberikan efek kenyang lebih lama.

4 dari 4 halaman

Makanan Pembentuk Otot

6. Apel

Ada sekitar 5 gram serat dan 85 persen kandungan air pada sebuah apel ukuran sedang, jumlah ini menjadikan apel efektif dalam mengganjal perut. 

Lantaran hanya mengandung 47 kalori, sebuah apel aman dikonsumsi saat hendak membentuk otot perut.

7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak akan membuat gemuk. Kandungan tersebut justru akan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh Anda.

Jika diimbangi dengan olahraga, pembentukan otot perut juga akan lebih mudah dan tubuh pun ternutrisi dengan baik.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/9/2017)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer