Sukses


Kumpulan Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Pidato adalah kegiatan berbicara menyampaikan pesan di depan publik, dengan berbagai teknik dan kemampuan berbicara yang baik dan benar.

Sementara menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia), pidato diartikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Pidato bisa bertujuan untuk memengaruhi, memberi suatu pemahaman, dan menyampaikan suatu pendapat dengan gaya bahasa yang kita gunakan.

Sebelum berpidato biasanya seseorang harus memiliki persiapan yang matang, mulai naskah pidato hingga persiapan mental, lantaran tidak dapat dimungkiri, untuk berbicara di hadapan banyak orang bukan hal mudah untuk dilakukan.

Isi naskah yang kamu sampaikan bisa membuat orang menilai tentang dirimu. Makin rapi naskah yang kamu buat, makin baik pula pandangan orang lain terhadapmu.

Coba sesekali melatih diri untuk berpidato, satu di antaranya dengan membuat teks pidato dan membacanya di hadapan cermin.

Jika bingung dalam merangkai teks atau naskah pidatonya, kamu bisa menjadikan contoh pidato singkat dengan berbagai tema sebagai referensi.

Berikut contoh pidato singkat dalam berbagai tema, seperti dikutip dari Infokekinian dan Woazy, Jumat (13/5/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Pidato Singkat tentang Narkoba

Pembukaan Pidato Tentang Narkoba 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Swt. atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Isi Pidato Tentang Narkoba 

Hadirin yang saya hormati,

Mengonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan juga perbuatan setan dan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Hadirin yang saya hormati,

Janganlah sekali kali kita mencoba untuk menggunakan narkoba karena jika kita mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka itu, marilah para putra dan putri bangsa... Mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Penutup Pidato Tentang Narkoba 

Hadirin yang saya hormati.

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan, mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 dari 6 halaman

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Pidato Singkat tentang Perpisahan Sekolah

Pembukaan Pidato tentang Perpisahan Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Isi pidato perpisahan sekolah

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berarti dan akan terus kami kenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Penutup Pidato Perpisahan Sekolah

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

4 dari 6 halaman

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Pidato Singkat tentang Perkembangan Teknologi Internet

Pembukaan Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet 

Assalamualaikum W.W

Puji syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan rida-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keaadaan sehat walafiat. Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul teknologi internet.

Isi Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet

Kata 'internet' sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini. Dahulu internet jarang dipakai. Namun, sekarang internet sudah banyak yang memakai. Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi. Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi, sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa. Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita. Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas. Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring perkembangan zaman, sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan HP. Namun, sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer. Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet. Sekarang, di zaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Penutup Pidato tentang Perkembangan Teknologi Internet 

Jadi, manfaat internet ada banyak, terutama dapat membantu meNyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, HP, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet. Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum W.W

5 dari 6 halaman

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Pidato Singkat tentang Cinta Tanah Air

Pembukaan Pidato tentang Cinta Tanah Air 

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat berkunpul di sini dengan sehat walafiat. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua, saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Isi Pidato Cinta Tanah Air 

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Memang betul, kita harus cinta pada tanah air kita karena kita, Bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam. Kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah Swt. yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah, kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri. Ji ka kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah. Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai hingga anak cucu. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan, lagu, dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. 

Penutup Pidato Cinta Tanah Air 

Sebelum saya menutup pidato saya, saya ingin menekankan kesimpulan pidato ini, yakni kita harus saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya, sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak, saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum W.W.

6 dari 6 halaman

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

Pidato tentang Menjaga Lingkungan

Pembukaan Pidato Menjaga Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah Swt. karena berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada hari yang cerah ini.

Teman-teman yang saya banggakan, pertama-tama, perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Satu di antara cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Isi Pidato Menjaga Lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMA N xx Kota xx. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur, dan PSN 30 menit setiap hari Jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk ades aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Penutup Pidato Menjaga Lingkungan

Teman-teman sekalian, sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman", maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

 

Sumber: Infokekinian, Woazy

Yuk, baca artikel bertemakan Pidato lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer