Sukses


Contoh-Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

Bola.com, Jakarta - Kerja sama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu, dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan.

Kerja sama ekonomi internasional didasari kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, kerja sama ekonomi internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara.

Perlu diketahui, kerja sama internasional yang satu ini tidak sama dengan perdagangan internasional. Kerja sama ekonomi internasional bisa dibilang cakupannya lebih luas.

Agar kerja sama ekonomi internasional makin lancar dan erat, banyak negara yang sepakat untuk membentuk lembaga tertentu.

Berikut ini kumpulan contoh lembaga kerja sama ekonomi internasional yang perlu diketahui, seperti dilansir dari repository.kemdikbud.go.id, Selasa (17/5/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

ASEAN (Assiciation of South East Asian Nations)

ASEAN atau Persatuan negara-negara Asia Tenggara merupakan suatu kerja sama negara-negara untuk kestabilan politik, ekonomi, dan sosial budaya. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967.

IMF (International Monetary Fund) atau Dana Moneter Internasional.

Badan ini lahir pada 27 Desember 1945 setelah Konferensi di Bretton Woods, Amerika. Satu di antara tujuan didirikannya IMF ialah untuk melancarkan kembali moneter internasional.

IBRD (International Bank for Reconstruction and Development) atau World Bank

IBRD atau Bank Dunia didirikan pada 27 Desember 1945, dengan tujuan untuk membantu pembiayaan usaha-usaha pembangunan dan perkembangan negara-negara anggotanya.

ITO (International Trade Organization)

ITO merupakan organisasi yang bertujuan untuk memajukan perdagangan internasional. Dengan adanya lembaga tersebut diharapkan dapat membatasi atau membuat peraturan yang bersifat menghambat kelancaran pertukaran barang-barang internasional.

3 dari 6 halaman

Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

IFC (International Finance Corporation) atau Badan Keuangan Internasional

IFC didirikan pada 24 Juli 1956, bertugas memberikan pinjaman kepada pengusaha swasta dan membantu mengalihkan investasi luar negeri ke negara-negara sedang berkembang.

Tugas lain IMF adalah memupuk perkembangan ekonomi di negara-negara anggota, terutama memberikan kredit jangka panjang kepada pengusaha swasta tanpa jaminan dan pemerintah.

IDA (International Development Association) atau Perhimpunan Pembangunan Internasional

IDA didirikan pada 1960 di Washington DC, Amerika Serikat, dengan tujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi negara-negara yang sedang berkembang dan memberi pinjaman dengan syarat ringan.

UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) atau Konferensi PEB tentang Perdagangan dan Pembangunan

UNCTAD adalah organisasi PBB yang menangani isu perdagangan, investasi, dan pembangunan.

UNCTAD didirikan pada 1964 dengan maksud untuk mengusahakan kemajuan perdagangan dunia dan mengatur komoditi, hasil industri, pengalihan teknologi, perkapalan, dan lain-lain.

Kemudian untuk menyalurkan serta melancarkan perundingan internasional mengenai ekspor impor antaranegara industri dengan negara yang sedang berkembang, yang sering disebut Dialog Utara Selatan.

ILO (International Labour Organisation) atau Organisasi Buruh Sedunia

ILO didirikan dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian melalui keadilan sosial, perbaikan nasib buruh, stabilitas ekonomi sosial, dan menyusun hukum perburuhan.

4 dari 6 halaman

Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

UNDP (United Nations Development Program) atau Program Pengembangan PBB.

UNDP merupakan suatu badan yang memberikan sumbangan untuk membiayai survei jalan di Indonesia dan menangani program pengalihan teknologi.

UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) atau Organisasi pengembangan Industri PBB.

UNIDO didirikan dengan tujuan untuk pengembangan industri, seperti pembukaan lapangan baru di bidang industri, perbaikan sistem industri yang masih ada, dan lain-lain.

APO (Asian Productivity Organization)

APO didirikan pada 1961 dengan tujuan meningkatkan peranan produktivitas dan pengembangan ekonomi dan untuk meningkatkan usaha-usaha di bidang kegiatan tertentu khususnya pertanian dan perindustrian.

ADB (Asian Development Bank) atau Bank Pembangunan Asia

Tujuan didirikannya ADB adalah meminjamkan dana dan memberikan bantuan teknik kepada negara-negara yang sedang berkembang.

5 dari 6 halaman

Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) atau Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

OPEC didirikan pada 1960 dengan tujuan menghimpun negara-negara penghasil dan pengekspor minyak, menjaga kestabilan harga minyak, menghindarkan persaingan antara negara penghasil minyak dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan minyak di seluruh dunia.

APEC (Asian Pacific Economic Cooperation)

APEC didirikan pada November 1989, merupakan gabungan negara-negara Asia Pasifik/Selatan (negara sedang berkembang) dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keadaan ekonomi negara anggotanya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, APEC memiliki tiga program kegiatan utama, yaitu:

  • Program yang berkaitan dengan upaya liberalisasi perdagangan (Trade Liberalization).
  • Program yang memberikan perhatian terhadap upaya untuk memperlancar kegiatan perdagangan dan investasi (Trade and Investment Facilitation Program).
  • Program kerja sama pembangunan (Development Cooperation Program), di antaranya termasuk program bantuan teknik.

AFTA (Asean Free Trade Area) atau Kawasan Pendagangan Bebas Asia Tenggara.

AFTA merupakan organisasi pendagangan bebas ASEAN dengan maksud untuk mengantisipasi dalam menghadapi era perdagangan bebas dunia.

NAFTA (North American Free Trade Agreement) atau Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Perjanjian perdagangan bebas tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan atau mengurangi hambatan-hambatan di bidang perdagangan, baik dalam bentuk hambatan tarif maupun nontarif.

6 dari 6 halaman

Contoh Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

WTO (World Trade Organization)

WTO sama dengan GATT (General Agreement on Tariff and Trade) atau sering disebut juga Putaran Uruguay. GATT merupakan organisasi perdagangan dunia, didirikan tahun 1947 dan bermarkas di Havana, yang kemudian diganti WTO sejak tahun 1995.

Tujuannya untuk menghapus rintangan terutama masalah tarif dan bea masuk yang dapat menghambat perdagangan internasional dan menyelesaikan sengketa dagang yang terjadi di antara negara anggota

G7 (Group of Seven)/G20 (Group of Twenty)

G7 merupakan gagasan Presiden Prancis dan Kanselir Jerman pada 1970. G7 adalah tujuh negara maju (industri) yang memberikan bantuan kredit kepada negara berkembang. Anggota G7 merupakan kreditur bagi negara Selatan (berkembang).

Anggota G7 adalah Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris. Pada 2009 anggotanya bertambah, sehingga namanya berubah menjadi G20, yakni Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Inggris, Jerman, Italia, China, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Brazil, Argentina, Turki, Afrika Selatan, Arab Saudi, India, Indonesia, Australia, dan EU27

IDB (Islamic Development Bank) atau Bank Pembangunan Islam.

IDB didirikan tanggal 23 April 1975, dengan tugas utama untuk membantu negara-negara anggota, yaitu negara-negara Islam dalam meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan sosial. 

ASEM (Asia Europe Meeting)

ASEM merupakan forum kerja sama negara Asia dan Eropa untuk memelihara perdamaian secara global, stabilitas, dan kemakmuran.

Adanya lembaga tersebut untuk memajukan kegiatan perdagangan dan investasi lebih besar antara dua kawasan melihat liberalisasi perdagangan dan investasi serta fasilitasi di antara negara anggota. Kerja sama ASEM berdiri pada 1996, oleh 25 negara.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer