Sukses


Kumpulan Contoh Teks Narasi Pendek yang Dapat Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Teks narasi adalah sebuah karangan yang mengisahkan atau menerangkan dengan terperinci dan lengkap tentang suatu peristiwa atau kejadian dan didasarkan dengan kronologi atau urutan waktu.

Peristiwa yang diceritakan dalam teks narasi bisa kejadian yang benar-benar nyata (nonfiksi) ataupun sekadar sebuah karangan atau imajinasi (fiksi).

Teks narasi memiliki tujuan untuk memberikan informasi, hiburan, dan pengetahuan bagi para pembacanya. Selain itu, teks narasi bisa untuk membagikan atau menyampaikan suatu pengalaman agar pembaca turut merasakannya.

Biasanya teks narasi dipakai dalam sebuah karya tulisan. Untuk itu, si penulis perlu memahami penulisan ini agar mampu menuangkan ceritanya secara lengkap dan runtut sehingga pembaca lebih mudah memahami ceritanya.

Adapun contoh teks narasi adalah cerpen, novel, dan cerita inspriratif. Sedangkan, orang yang menceritakan kejadian dalam narasi disebut narator.

Berikut ini kumpulan contoh teks narasi pendek yang dapat dijadikan referensi, seperti dikutip dari laman Dosenpintar dan Dosenpendidikan, Rabu (18/5/2022).

2 dari 6 halaman

Contoh Teks Narasi Pendek tentang Pengalaman Pribadi

Pada Bulan Januari, tanggal 25 di sekolahku akan libur dan liburku akan berakhir tepat pada tanggal 5 Februari. Untuk itu kami sekeluarga akan berlibur.

Aku memilih berlibur di Pantai Clara. Di sepanjang perjalanan, diiringi dengan nyanyian lagu yang riang. Betapa senang aku ketika sampai melihat ombak di pantai.

Dengan pesona yang indah dan menawan, kami sekeluarga mengabadikan momen foto bersama. Tak terasa waktu cepat berlalu begitu sangat cepat.

Ketika beranjak sore aku sekelurga pulang ke rumah. Aku ingin kembali lagi ke sini esok, ujarku dalam hati, karena aku sungguh tak rela meninggalkan tempat indah ini.

3 dari 6 halaman

Contoh Teks Narasi Pendek tentang Kesehatan

Andes sangat bersemangat dalam hal berolahraga. Dengan begitu semangat ia olahraga setiap hari, mulai jogging sampai ke olahraga ekstrem terjun lenting atau disebut bungee jumping.

Namun, suatu hari Andes terkena penyakit yang membuatnya harus berhenti olahraga. Ibunya memanggil dokter untuk memeriksa keadaan Andes, ternyata sakit Andes diakibatkan karena olahraga yang terlalu berlebihan. Kata dokter olahraga itu memang sangat penting, tetapi jika berlebihan juga bisa menjadi fatal.

4 dari 6 halaman

Contoh Teks Narasi Pendek tentang Pendidikan

Sebenarnya belajar tak harus di sekolah, tetapi sekarang baik orang tua maupun anak anak telah mempunyai mind set bahwa belajar ya dari sekolah. Belajar otodidak membuktikan kemampuan seorang anak akan lebih meningkat diambil dari hasil sebuah penelitian.

Seseorang akan belajar sesuai dengan visi misi yang ia ciptakan dan mengatur apa yang mereka ingin dicapai dengan ini banyak sekali pembelajaran yang mereka dapat, seperti bagaimana mengatur waktu, memasang target, dan memecahkan masalah sendiri.

5 dari 6 halaman

Contoh Teks Narasi Pendek tentang Lingkungan

Meli selalu menyaksikan tetangganya membuang sampah sembarangan. Ia ingin menegur, tetapi tidak enak hati. Jika musim hujan datang dan parit dekat rumah mereka tersumbat maka yang kebanjiran bukan hanya rumah tetangga Meli yang buang sampah sembarangan saja, tapi mereka semua yang tinggal di lingkungan itu akan terkena dampaknya.

Ketika hujan datang di suatu malam, dampak dari tetangga Meli yang membuang sampah sembarangan, banjir pun datang air masuk ke dalam rumah mereka. Kesal hati Meli, tteapi percuma karena salahnya juga kenapa tidak menegur tetangganya itu. Dampaknya mereka semua kesusahan.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Narasi Pendek tentang Liburan Sekolah

Libur semester ini aku pulang ke kampung halaman, di sana aku bertemu kedua orang tuaku dan adikku yang sangat aku sayangi. Lama sekali waktu berjalan jika kita sedang merindu.

Aku ingin bicara aku rindu tidur di kasur empuk kamarku, aku ingin makan masakan ibuku dan liburan ini waktunya. Aku pulang disambut oleh keluargaku, dengan masakan kesukaanku yang telah terhidang. Selama liburan dirumah aku sangat senang, aku seperti mengulangi masa kecilku dulu, ingin aku bilang aku mau di sini saja, aku tak mau lagi kembali ke kota.

 

Sumber: Dosenpintar, Dosenpendidikan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer