Sukses


Macam-Macam Minuman Sehat untuk Cegah Dehidrasi

Bola.com, Jakarta - Musim kemarau rentan menimbulkan gangguan kesehatan, satu di antaranya dehidrasi. Dalam bahasa sehari-hari, dehidrasi ialah kehilangan cairan tubuh.

Saat musim kemarau, biasanya cuaca panas dan terasa terik panas. Kondisi ini membuat kita mudah merasa gerah. Imbasnya, kita ingin minum terus-terusan. Apalagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan.

Memastikan cairan tubuh tetap terpenuhi di musim kemarau merupakan hal wajib jika tak ingin terkena dehidrasi

Perlu diketahui, dehidrasi merupakan kondisi yang tak bisa dianggap sepele. Gejala dehidrasi di antaranya, badan lemas, kesadaran menurun, mata cekung, bibir menjadi kering, tangan dan kaki menjadi dingin, jantung berdebar, urine sangat sedikit atau tidak keluar sama sekali. 

Maka itu, pencegahan menjadi tindakan penting, yakni dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Anda bisa mengonsumsi minuman yang tepat untuk mencegah dehidrasi.

Berikut beberapa minuman yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mencegah dehidrasi, khususnya di musim kemarau, disadur dari Klikdokter, Selasa (17/5/2022).

2 dari 3 halaman

Minuman Sehat untuk Cegah Dehidrasi

Air putih

Ini adalah minuman yang paling baik untuk mencegah kondisi dehidrasi. Tak heran, berbagai pakar kesehatan menyarankan Anda untuk mengonsumsi setidaknya 7–8 gelas air putih dalam sehari.

Air kelapa

Air kelapa tak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat sehat.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium yang baik untuk mencegah masalah dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh.

Jus jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit infeksi.

Agar manfaatnya bisa sekaligus mencegah dehidrasi, Anda dapat mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus. Ingat, jus jeruk murni tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Minuman Sehat untuk Cegah Dehidrasi

Susu

Terik matahari di musim kemarau menyebabkan produksi keringat meningkat sehingga cairan tubuh bisa hilang lebih cepat. Guna mencegah terjadinya dehidrasi, Anda dapat menjadikan susu sebagai konsumsi sehari-hari.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang mampu menggantikan sejumlah cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Bahkan, jika dikonsumsi dengan tepat setiap hari, minuman sehat ini mampu menjaga kesehatan sel otot maupun tulang Anda.

Minuman isotonik

Jika Anda harus beraktivitas di bawah teriknya matahari musim kemarau, pengeluaran keringat dalam jumlah berlebih kerap tak bisa dihindari. Agar Anda tidak berakhir pada kondisi dehidrasi, minuman isotonik dapat dijadikan sebagai solusi.

Minuman isotonik memiliki tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh sehingga mempermudah terjadinya pertukaran elektrolit maupun senyawa lainnya. 

Jadi, dengan mengonsumsi minuman ini, tubuh akan mendapatkan sejumlah cairan dan elektrolit, yang pada akhirnya mencegah terjadinya dehidrasi. 

Namun, ingat, untuk tidak mengonsumsi minuman ini secara berlebihan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/6/2018)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer