Sukses


Macam-Macam Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna yang Didapatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Allah Swt. memiliki 99 nama yang disebut dengan asmaul husna. Nama-nama inilah yang melambangkan dan memperlihatkan betapa besarnya kekuasaan Allah, hanya Allah tempat hamba-Nya meminta, dan tiada Tuhan selain Allah.

Asmaul husna merupakan nama Allah Swt. yang penuh dengan keindahan. Nama yang penuh dengan keindahan ini mengandung banyak makna yang dapat dijadikan pedoman untuk kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk perilaku, sifat maupun untuk wirid.

Maka itu, sudah selayaknya sebagai umat Muslim mengetahui dan meneladani asmaul husna. Selain itu Rasulullah saw. juga bersabda:

"Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barang siapa yang memahaminya akan masuk surga." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan mengamalkannya niscaya kita akan mendapatkan manfaat, berkah, kebaikan dan perlindungan Allah Swt. Tentunya hal ini baik bagi umat Muslim.

Berikut ini macam-macam keutamaan mengamalkan asmaul husna yang akan didapatkan umat Muslim, disadur dari Dream, Rabu (18/5/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna

1. Membuka Pintu Rezeki

Ada beberapa nama yang menunjukkan betapa Maha Kaya Allah Swt. seperti Al-Ghanniyu (Allah Maha Kaya) dan Al-Mughni (Allah yang memberikan kecukupan pada hamba-hamba-Nya).

Allah yang akan memberikan rezeki kepada hamba-hamba-Nya. Untuk itu saat berusaha mencari rezeki, harus dibarengi pula dengan doa yang tulus kepada Allah Swt. Satu di antaranya dengan rajin mengamalkan ibadah-ibadah sunah seperti salat duha dan rutin membaca mengamalkan asmaul husna.

2. Menenangkan Hati

Dalam QS Ar Rad ayat 28, Allah berfirman:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Dengan mengingat Allah Swt. maka hati akan menjadi lebih tenang dan tenteram. Satu di antaranya dengan rutin mengamalkan asmaul husna karena terdapat banyak kemuliaan yang dapat menjadi pengingat bagi manusia.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mengamalkannya Asmaul Husna

3. Senantiasa Mengingat Allah Swt.

Dengan mengamalkan asmaul husna, seseorang senantiasa mengingat Allah Swt. Ia akan makin merasakan betapa Maha Kuasa-Nya. Hal itu membuat hatinya dipenuhi dengan rasa takut jika berbuat maksiat.

Hal ini disampaikan Allah Swt. melalui firman-Nya dalam QS Ali Imran ayat 191:

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), 'Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka'."

4. Mendapat Kemudahan Urusan

Kehidupan tak pernah luput dari ujian dan cobaan. Untuk itu, berserah diri kepada Allah Swt. adalah jalan terbaik agar dapat melaluinya.

Dengan memohon kepada Allah Swt. melalui asmaul husna, dan dilakukan dengan penuh pengharapan, niscaya Allah Swt. akan memberikan kemudahan di setiap jalan yang dilalui.

Meski terasa sulit, Anda akan terus merasa optimistis dengan apa yang dilakukannya karena yakin Allah Swt. selalu membersamainya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Mengamalkannya Asmaul Husna

5. Menguatkan Ingatan

Dengan rutin mengamalkan asmaul husna, tidak hanya baik untuk menambah keimanan, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Satu di antaranya memperkuat ingatan.

Selain itu, senantiasa membaca asmaul husna akan menambak kecerdasan otak karena di antara nama-nama Allah Swt. menunjukkan kekuasaan dan betapa Maha Mengetahui-Nya.

6. Jaminan Masuk Surga

Allah Swt. memiliki 99 nama-nama indah atau biasa dikenal dengan asmaul husna. Apabila seorang Muslim melafalkan serta memahaminya maka akan dijamin masuk surga. Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. bersabda:

"Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barang siapa yang memahaminya akan masuk surga." - (HR Bukhari dan Muslim)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 4/2/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer