Sukses


Contoh-Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat, Ketahui Bentuk-bentuknya

Bola.com, Jakarta - Integrasi sosial adalah penyesuaian antara unsur-unsur yang berbeda, terutama dalam kehidupan sosial sehingga dapat menghasilkan pola kehidupan yang nyaman bagi masyarakat.

Integrasi sosial merupakan gabungan dari dua istilah kata, yaitu 'integrasi' yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan integration, yang memiliki arti kesempurnaan atau keseluruhan. Sementara kata 'sosial' berarti hubungan dan juga timbal balik dari tindakan yang dilakukan oleh masyarakat.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran sesuatu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat.

Integrasi sosial mempunyai peran penting bagi semua kalangan masyarakat. Dengan adanya integrasi sosial yang baik, tujuan terbentuknya masyarakat harmonis akan mudah mencapai tujuan bersama.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa contoh integrasi sosial di masyarakat. Apa saja contoh integrasi sosial di masyarakat?

Berikut ini kumpulan contoh integrasi sosial di masyarakat yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (19/5/2022).

2 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial

Integrasi Normatif

Integrasi normatif terbentuk akibat adanya norma yang berlaku di masyarakat. Dalam hal ini norma tersebut mampu mempersatukan masyarakat.

Contohnya suatu masyarakat desa yang punya semboyan bersatu dengan istilah guyub rukun, atau semboyan Bhineka Tunggal Ika untuk masyarakat Indonesia.

Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional terbentuk karena adanya fungsi tertentu dalam masyarakat. Contohnya keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, suku pelaut untuk Suku Bugis yang mencari ikan dan suku pedagang adalah Suku Minang.

Beberapa suku bangsa itu saling melengkapi sehingga tercipta integrasi.

Integrasi Koersif

Integrasi koersif terbentuk karena kekuasaan yang dimiliki. Contohnya tindakan anarkistis akan berhenti karena polisi melakukan tembakan peringatan atau menembakkan gas air mata.

3 dari 5 halaman

Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat

Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat secara nasional sehingga menghasilkan pola kehidupan yang serasi.

Sedangkan makna integrasi nasional bagi Bangsa Indonesia adalah suatu proses menyatukan berbagai budaya, suku bangsa, kelompok sosial, agama, aliran, dan kekuatan-kekuatan lainnya dari seluruh wilayah nusantara.

Hal itu untuk mewujudkan suatu kehidupan berbangsa dan bernegara yang sejahtera, dinamis, berkeadilan sosial, dan demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa adalah sebuah kesatuan dari berbagai kelompok budaya atau kelompok sosial dalam suatu wilayah. Integrasi bangsa berasal dari dua kata yaitu 'integrasi' dan 'bangsa'.

Integrasi adalah kondisi pembauran dari berbagai komponen yang berbeda. Integrasi bangsa berarti sebuah cerminan/representasi kesatuan sebuah bangsa di mata dunia.

4 dari 5 halaman

Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat

Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa adalah sebuah kesatuan dari berbagai kelompok budaya atau kelompok sosial dalam suatu wilayah.

Integrasi bangsa berarti sebuah cerminan/representasi kesatuan sebuah bangsa di mata dunia.

Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah suatu proses penyesuaian unsur-unsur sosial yang berbeda seperti norma, nilai, pranata, sistem religi, peranan sosial, lembaga sosial dan lain sebagainya yang menghasilkan suatu pola kehidupan yang sesuai dan serasi bagi masyarakat.

Wujud dari integrasi sosial dalam masyarakat meliputi integrasi keluarga, integrasi kekerabatan, integrasi masyarakat, integrasi asosiasi.

5 dari 5 halaman

Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat

Integrasi Kebudayaan

Pengertian integrasi kebudayaan adalah penyesuaian antara unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Integrasi kebudayaan terbentuk melalui difusi, asimilasi, dan akulturasi.

Integrasi Masyarakat

Integrasi masyarakat dapat diartikan sebagai kerja sama dari seluruh anggota masyarakat, mulai individu, keluarga, lembaga, dan masyarakat secara keseluruhan sehingga menghasilkan kesepakatan nilai yang sama.

Integrasi masyarakat akan terwujud apabila mengendalikan prasangka yang ada di masyarakat sehingga tidak terjadi konflik.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer