Sukses


Cara Membuka Instagram yang Lupa Password, Mudah dan Tak Perlu Panik

Bola.com, Jakarta - Instagram merupakan satu di antara platform media sosial yang paling populer dan banyak digunakan orang dari berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang tua.

Tidak hanya digunakan untuk eksistensi diri, Instagram bisa juga untuk mencari informasi hingga sebagai penunjang berbisnis. Bahkan, Instagram bisa dibilang media promosi yang efektif untuk menawarkan produk usaha.

Hal tersebut yang biasanya membuat seseorang memiliki lebih dari satu akun Instagram. Apalagi Instagram mudah digunakan.

Meski begitu, tak jarang pengguna lupa kata sandi saat ingin membuka Instagram karena memiliki lebih dari satu akun. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat lupa password Instagram.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka Instagram yang lupa password, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (19/5/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi Melalui Email

Sebelum membuka Instagram yang lupa password, pastikan email yang kamu masukkan sesuai email yang kamu gunakan pada akun Instagram.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan alamat email.

3. Instagram akan mengirimi pemberitahuan melalui email. Pemberitahuan ini berisi metode pemulihan kata sandi. Ketuk 'kirim email'.

4. Buka email kiriman dari Instagram, pastikan email masuk. Kalau belum ada, periksa email bagian spam.

5. Saat kamu membuka email dari Instagram, kamu akan melihat tulisan dengan tanda biru. Tanda itu merupakan cara agar kamu bisa login kembali di akun Instagram. Klik tanda tersebut.

6. Terakhir, masukkan password baru untuk Instagrammu. Lalu ketuk tombol 'reset kata sandi'.

7. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

3 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi Melalui Nomor Handphone

Sama halnya dengan penerapan menggunakan email, sebelum melakukan cara ini, pastikan nomor handphone yang kamu pakai di Instagram masih dalam keadaan aktif.

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Masukkan nama pengguna atau alamat email Instagrammu, alamat email, atau nomor telepon. Kemudian klik tanda 'selanjutnya'. Dalam hal ini, masukkan nomor telepon. Kamu bisa memilih 'Kirim sebuah SMS'.

3. Tinggalkan Instagram untuk memeriksa kotak masuk. Jika ada pesan masuk dari Instagram, ikuti perintahnya. Biasanya SMS tersebut adalah permintaan untuk mengakses Instagram dari link yang telah dibagikan.

4. Bukalah link tersebut dengan pilihan 'Buka dengan Instagram'.

5. Jika telah berhasil, kamu akan disediakan dua kolom untuk mereset password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali.

4 dari 4 halaman

Cara Membuka Instagram yang Lupa Kata Sandi dengan Facebook

Cara terakhir ini hanya bisa kamu lakukan jika kamu menghubungkan akun Instagram kamu dengan akun Facebook.

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Buka Instagram terlebih dulu, bisa dari handphone maupun komputer. Kemudian klik pada bagian 'dapatkan bantuan untuk masuk'.

2. Setelah itu akan tampil 'laman Bantuan Masuk'. Kamu bisa memilih 'masuk dengan Facebook'.

3. Setelah muncul halaman baru, kamu bisa mengisi username dan password Facebook.

4. Akan ada 'memberi izin Facebook', kemudian klik 'Ok'.

5. Jika sudah berhasil masuk, akan tampak dua kolom untuk mengganti password Instagram.

6. Setelah itu, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali

7. Jika langkah pertama sampai kelima sudah kamu lakukan dengan benar, tetapi masih gagal, kemungkinan kamu salah menggunakan akun facebook. Bisa jadi akun Facebook yang dimasukkan tidak terhubung dengan Instagram yang masih terkunci.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Fadila Adelin. Published: 6/12/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer