Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, banyak orang tua yang menginginkan anaknya memiliki postur atau tinggi badan ideal. Sebab, tubuh yang tinggi juga dianggap sebagai tanda kesehatan yang baik.

Selain itu, memiliki tinggi badan ideal berguna untuk menunjang penampilan dan percaya diri seseorang, termasuk anak di masa yang akan datang.

Itulah mengapa kebanyakan orang tua akan berupaya agar anak-anak tumbuh sehat dan memiliki tubuh yang tinggi. Ada beberapa faktor yang bisa membuat anak tumbuh tinggi.

Selain faktor genetik, olahraga merupakan satu di antara faktor eksternal yang bisa memengaruhi tinggi badan.

Tinggi badan anak juga dipengaruhi beberapa faktor pendukung, satu di antaranya mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan makan makanan bergizi seimbang.

Bagi para orang tua yang ingin anaknya memiliki postur tubuh tinggi, bisa mengajak anak berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga untuk menambah tinggi badan anak.

Berikut ini macam-macam olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (21/5/2022).

2 dari 8 halaman

1. Stretching

Olahraga untuk menambah tinggi badan yang dapat dilakukan anak adalah stretching atau peregangan. Selain dapat menambah tinggi badan, stretching dapat membentuk tulang yang kuat.

Latihan peregangan bisa membantu memanjangkan bagian tulang belakang dan membuat postur tubuh menjadi lebih baik.

Ada satu di antara contoh gerakan yang dapat anak lakukan. Posisikan tubuh anak duduk di lantai dengan kedua kaki terbuka lebar. Kemudian, gapai kedua jari-jari kaki menggunakan tangan. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali pengulangan.

3 dari 8 halaman

2. Hanging

Olahraga untuk menambah tinggi badan anak lainnya yang bisa anak lakukan adalah menggantung atau hanging. Menggantungkan kedua tangan di tiang dapat membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi.

Posisi tubuh yang menggantung ini bisa menarik tulang belakang agar memanjang.

Selain itu, menggantung dapat dikombinasikan dengan gerakan pull-up dan chin-up. Gerakan tersebut membuat otot punggung dan lengan menjadi lebih kuat.

4 dari 8 halaman

3. Yoga

Melansir dari Parents via Klikdokter, latihan yoga dapat membuat badan anak tambah tinggi. Gerakan yoga pada dasarnya melibatkan peregangan dan keseimbangan.

Gerakan yoga yang bermanfaat membantu tumbuh tinggi anak adalah Chakrasana. Gerakan ini mengharuskan anak berbaring telentang. Kemudian, buat punggungnya melengkung ke atas. Ia harus menopang tubuhnya menggunakan lengan dan kaki untuk mempertahankan bentuk "U".

5 dari 8 halaman

4. Skipping

Olahraga lainnya yang dapat membantu anak untuk tumbuh tinggi adalah skipping atau lompat tali. Saat melakukan lompat tali, seluruh tubuh dan otot anak akan bergerak guna membantunya tumbuh lebih tinggi.

Tidak hanya itu, lompat tali merupakan latihan kardio sederhana yang membuat tubuh buah hati tetap bugar dan aktif.

6 dari 8 halaman

5. Berenang

Berenang juga menjadi satu di antara olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak. Ketika berenang, anak akan melatih semua otot di tubuhnya.

Berenang dalam waktu lama dapat membantu menghilangkan lemak ekstra di tubuh. Beberapa gaya renang turut melibatkan peregangan sehingga bisa memperkuat tulang belakang dan menjadikan tubuh lebih tinggi serta sehat.

7 dari 8 halaman

6. Jogging

Melansir dari Parents via Klikdokter, jogging adalah olahraga yang memiliki khasiat luar biasa. Jogging dapat memperkuat tulang kaki dan meningkatkan jumlah hormon human growth hormone (HGH).

Hormon tersebut dibutuhkan untuk setiap pertumbuhan tubuh anak, termasuk untuk mendukung pertambahan tinggi badannya.

8 dari 8 halaman

7. Basket

Olahraga basket mengharuskan anak untuk melompat, melempar, dan mengambil bola dari lawan. Semua gerakan ini dapat merangsang otot dan tulang untuk melakukan peregangan dan membantu anak tumbuh tinggi.

Tubuh yang berlari dan melompat secara konstan dapat menyebabkan banyaknya aliran darah mengalir ke dalam lempeng pertumbuhan yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/5/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer