Sukses


Susah Raup 72 Medali Emas, Kontingen Indonesia Bidik Peringkat ke-3 SEA Games 2021 untuk Penuhi Target Presiden Jokowi

Bola.com, Hanoi - Kontingen Indonesia terpaksa mengarahkan target lain di SEA Games 2021. Pasalnya, keinginan untuk menyabet 72 medali emas kian susah.

Per Jumat (20/5/2022) pukul 15.00 WIB, Indonesia baru merebut 46 medali emas, 65 medali perak, dan 59 medali perunggu. 

Sementara itu, SEA Games 2021 tinggal hitungan hari, tepatnya dua hari. Namun, Indonesia masih berpeluang memproduksi medali emas dari cabang olahraga (cabor) angkat besi, judo, basket, voli, dan esports.

Perolehan itu tentu jauh dari harapan Kontingen Indonesia yang sebenarnya mengincar 72 medali emas di SEA Games 2021.

"Mengamankan posisi tiga besar tim yang ramping masih realistis," ujar Chef de Mission (CdM) SEA Games 2021, Ferry Kono, Jumat (20/5/2022).

2 dari 6 halaman

Tertinggal Jauh

Posisi kontingen Indonesia di SEA Games 2021 untuk sementara tertinggal cukup jauh dari tuan rumah Vietnam. Total sudah 198 medali emas, 95 perak, dan 91 perunggu sudah dikoleksi tuan rumah Vietnam.

"Bagi kami, sudah tidak relevan target 70 medali emas mengingat ini dari tiga hari pertama, tuan rumah sudah mengumpulkan 66 emas. Itu fantastis."

"Dengan sisa waktu tiga hari dan jumlah pertandingan tersisa, kami kemungkinan bisa mengakhir dengan 50 medali emas," jelas Ferry Kono.

Untuk sementara, Indonesia duduk di peringkat ketiga SEA Games 2021, namun terus ditempel Singapura dengan jumlah medali emas yang sama.

3 dari 6 halaman

Optimistis

Ferry Kono berkeyakinan Indonesia dapat menuntaskan SEA Games 2021 di tiga besar. Sebab, pundi-pundi medali Singapura di renang telah berhenti karena cabor tersebut sudah tuntas digelar.

"Saya yakin, Singapura sudah setop aliran medalinya karena renang sudah selesai," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekjen National Olympic Committee (NOC) Indonesia tersebut.

"Saya masih sangat optimistis memenuhi harapan Presiden Jokowi sampai penutupan nanti. Kami masih ingin juga sepak bola mendapat hasil terbaik, tapi apapun itu Timnas Indonesia U-23 tetap menampilkan yang terbaik."

"Dengan jumlah pertandingan yang masih tersisa, mudah-mudahan kami masih bisa mencapai 50 medali emas. Yang penting di 50 medali emas itu, kami memprediksikan Singapura akan berhenti di 40 medali emas," kata Ferry.

4 dari 6 halaman

Target di SEA Games 2021

Sebelumnya, Jokowi berharap Indonesia dapat finis minimal di peringkat ketiga SEA Games 2021. Dia meminta kenaikan posisi ketimbang edisi sebelumnya di Filipina yang bercokol di ranking keempat.

"Kali ini, kita ingin agar di SEA Games 2021, Indonesia bisa masuk ke peringkat ketiga, atau kedua, atau menjadi yang pertama," jelas Jokowi.

5 dari 6 halaman

Tabel Perolehan Medali SEA Games 2021

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer