Sukses


Macam-Macam Me Time yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Bola.com, Jakarta - Meluangkan waktu untuk me time atau aktivitas untuk diri sendiri penting dilakukan secara rutin. Meski ada beberapa orang yang lebih menyukai kebersamaan beramai-ramai, adakalanya kamu tetap perlu melakukan me time.

Tidak hanya akan menyenangkan diri, me time diketahui dapat memberikan efek baik bagi tubuh. Beberapa manfaat me time, di antaranya membuat pikiran jadi lebih jernih, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menjadikan kita lebih kreatif, dan masih banyak lainnya.

Dengan segala manfaat baiknya, aturlah waktu Anda sedari sekarang sehingga bisa rutin melakukan me time.

Tentu banyak aktivitas yang Anda lakukan untuk mengisi me time Anda. Namun, pastikan me time Anda diisi dengan kegiatan positif.

Berikut ini macam-macam me time yang menyenangkan, produktif, dan bermanfaat, yang bisa Anda lakukan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (23/5/2022).

2 dari 3 halaman

Me Time yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Mencoba olahraga baru

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba, seperti bersepeda, thai boxing, dan program kebugaran di gym. Meski Anda memilih olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri, Anda tetap dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Eksperimen masakan

Beberapa dari Anda mungkin terlahir jago masak, sementara yang lain harus berjuang untuk menyiapkan makanan sendiri di dapur. 

Tidak jadi masalah, yang penting lakukan eksperimen dengan berbagai resep makanan sehat. Aktivitas ini dapat mempertajam keterampilan serta daya kreativitas Anda.

Bersih-bersih rumah

Jika kondisi rumah sudah tidak keruan bahkan sulit dikenali, itu berarti sudah waktunya Anda bersih-bersih ruangan. Sapu, pel, lap kaca, dan bersihkan sela-sela barang dari debu yang menempel. 

Kekacauan dapat menyebabkan stres dan berdampak pada produktivitas hidup. Jadi, pastikan Anda memilliki waktu untuk mengurus kebersihan diri sendiri serta lingkungan sekitar. Jangan salah, kebiasaan bersih-bersih bisa lebih menenangkan dari aktivitas lainnya.

3 dari 3 halaman

Me Time yang Menyenangkan dan Bermanfaat

Meditasi

Ada banyak bukti bahwa meditasi bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Menurut Everyday Health, meditasi dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, mencegah penurunan kognitif, serta menjaga otak tetap sehat dan waspada seiring bertambahnya usia.

Traveling

Saat penat dan memiliki waktu banyak, traveling bisa jadi solusi me time paling baik. Tidak masalah seberapa jauhnya, asal jangan mengganggu pekerjaan sehari-hari. Tantanglah diri sendiri, ciptakan beberapa kenangan, dan ciptakan jalan-jalan dengan penuh sukacita.

Menjalani hobi baru

Hidup itu singkat. Maka itu, cobalah hal apa pun sebanyak mungkin. Saatnya melakoni hobi baru yang jauh dari diri Anda sebelumnya, mulai dari merajut, fotografi, hingga berkebun. 

Faktanya, hobi baru bisa bikin diri lebih penasaran untuk mengulik dan mempelajari hingga lancar.

Berbagi kebaikan terhadap sesama

Anda dapat membuat dampak besar bagi kehidupan orang asing. Biasakan untuk murah senyum, sedekah pada fakir miskin, belilah makanan untuk orang yang tidak mampu, tinggalkan tip buat pelayan restoran, hingga teduhi seseorang dengan payung saat hujan. Anda pun akan merasa lebih bahagia.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/1/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer