Sukses


Koleksi Contoh Surat Izin Sakit Sekolah yang Bisa Dijadikan Bahan Acuan

Bola.com, Jakarta Surat izin sakit sekolah merupakan surat yang berisi keterangan seorang murid berhalangan hadir seperti sakit untuk memenuhi kewajiban kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas.

Biasanya surat izin sakit sekolah ditulis menggunakan tangan. Dalam membuatnya pun harus sesuai dengan kebenaran dan sanggup bertanggung jawab atas apa yang telah ditulis.

Adapun surat izin sakit sekolah merupakan bentuk surat tidak resmi atau surat pribadi.

Nah, surat izin sakit sekolah memiliki format dasar yang dapat digunakan sebagai acuan. Umumnya, dalam surat izin sakit sekolah terdapat tempat dan tanggal surat, alamat surat, salam pembuka, isi surat (alenia pembuka, alenia pokok, alenia pentup), salam penutup, dan penanggung jawab atas pengirim surat.

Untuk itu, ketika seorang murid tidak bisa datang sekolah karena sakit, ada baiknya menulis surat izin sakit sekolah supaya lebih sopan dan menghormati pihak sekolah.

Berikut ini koleksi contoh surat izin sakit sekolah yang bisa dijadikan bahan acuan, dikutip dari laman fajarpendidikan dan suratresmi, Senin (23/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah 1

Makassar, 4 Januari 2022

Yth. Bapak/Ibu guru

di Sekolah

Dengan hormat,

Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Christine Kelas 3 IPA A tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit demam, mohon Bapak/Ibu guru dapat memakluminya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Christine

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah 2

Yth. Wali Kelas VII A

SMP Negeri 2 Enrekang

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya ingin memberitahukan kepada Bapak, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter Nurswanto, tanggal 1 Januari 2022, anak saya Egy Maulana diharuskan istirahat selama tiga hari, mulai 6-8 Januari 2022. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mohon izin kepada Bapak Wali Kelas VII A untuk tidak masuk kelas.

Atas izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui, Hormat saya,

Orang tua/wali siswa

 

Edo Hardian

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah 3

Enrekang, 1 Februari 2022

Yth. Bapak/Ibu Wali Kelas

Kelas 1E SMAN 1 Enrekang

di tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Erik Firmansyah, Kelas 1E, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Andriansyah

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah 4

Wonosobo, 19 Februari 2022

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA Negeri 1 Merah Putih

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Dinda Kirana

Siswa :  Kelas XII-A SMA N 2 Pringsewu

Alamat  : Jl. Raya Niaga No. 123 Wonosobo

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 19 Februari 2022 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang Tua Siswa,

 

Budi Santoso

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah 5

Pekalongan, 25 Maret 2022

Kepada

Yth. Bapak/Ibu guru SD Negeri 1 Pekalongan

di- Tempat

Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama:

Nama    : Antoni Sanjaya

Kelas     : IV

Alamat  : Jl. Perjuangan No. 123 Pekalongan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 26 Maret 2022 dikarenakan sedang sakit dan dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Subarjo

 

Sumber: Fajarpendidikan, Suratresmi

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer