Sukses


Macam-Macam Bahaya Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Bola.com, Jakarta Kopi merupakan satu di antara minuman paling populer di dunia. Selain itu, kebiasaan minum kopi sudah menjadi satu di antara gaya hidup masyarakat zaman sekarang.

Banyak orang mengatakan minum kopi dapat mendatangkan beragam manfaat jika dikonsumsi dalam batasan wajar. Namun, jika diminum secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Toleransi minum kopi yang aman dalam sehari adalah 250 mg atau tak lebih dari dua cangkir kopi. Meski tak bisa disamakan karena ketahanan setiap orang terhadap kafein berbeda.

Ada sejumlah bahaya kopi yang mengintai jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu sering. Bahaya akibat minum kopi berlebihan pun bisa berbeda pada tiap orang.

Lantas, apa saja berbagai dampak buruk minum kopi berlebihan yang mungkin terjadi pada Anda?

Berikut ini beberapa macam bahaya minum kopi berlebihan bagi kesehatan yang harus Anda waspadai, dikutip dari laman healthline dan mayoclinic, Selasa (24/5/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

1. Menimbulkan Gangguan Tidur

Tidak sedikit orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Sayangnya, minum kopi berlebiham bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat susah tidur.

Hal ini tentu menunjukkan bahwa minum kopi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia.

2. Menimbulkan Rasa Cemas

Kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan mengatasi rasa kantuk. Namun, jika tidak dibatasi bisa berisiko menyebabkan Anda mengalami gangguan kecemasan dan kegelisahan.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Risiko Terkena Osteoporosis

Jika diminum dalam jumlah yang tepat, kopi bisa membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Namun, sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, kopi bisa meningkatkan risiko terjadinya pengeroposan tulang akibat osteoporosis.

Hal itu karena, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat mengikis kalsium dalam tubuh, yang merupakan komponen utama pembentukan tulang.

4. Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan

Bagi sebagian orang, mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari dapat membantu proses metabolisme tubuh. Efek pencahar kopi telah dikaitkan dengan pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi lambung yang mempercepat aktivitas di usus besar. Terlebih lagi, kopi tanpa kafein telah terbukti menghasilkan respons yang serupa.

Jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare pada beberapa orang. Hal ini tentu merupakan bahaya minum kopi berlebihan bagi kesehatan pencernaan Anda.

Terlebih, kandungan kafein pada kopi juga dapat menyebabkan maag pada sebagian orang. Untuk itu Anda harus berhati-hati dan mulailah untuk mengurangi konsumsi kopi yang berlebihan.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

5. Dapat Menyebabkan Kerusakan Otot

Minum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan bahaya minum kopi berlebihan ternyata dapat menyebabkan kerusakan otot atau kondisi rhabdomyolysis.

Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya.

Penyebab umum rhabdomyolysis antara lain trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, ketegangan otot, dan gigitan ular atau serangga beracun.

6. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Akibat keseringan minum kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal yang sama bisa terjadi ketika orang terlalu banyak minum teh.

Bahkan, bukan tidak mungkin asupan kafein berlebih menyebabkan inkontinensia urine pada orang tertentu apalagi jika tidka dimbangi dengan minum air putih.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Kopi Berlebihan bagi Kesehatan

7. Tekanan Darah Tinggi

Satu di antara penyakit yang disebabkan karena kebanyakan minum kopi adalah hipertensi. Mengingat kopi memiliki efek stimulus pada sistem saraf, besar kemungkinan menyebabkan tekanan darah meningkat.

Meski demikian, bahaya kebanyakan minum kopi ini hanya berlangsung sementara sama seperti dampak dari berolahraga pada orang sehat.

8. Detak Jantung Cepat

Tak hanya tekanan darah tinggi, bahaya minum kopi berlebihan juga dapat menyebabkan jantung berdetak menjadi lebih cepat. Selain itu, pengaruh kopi terhadap jantung juga dapat mengubah ritme detak jantung (atrial fibrillation) terutama pada orang yang mengonsumsi minuman penambah energi dan kopi sekaligus.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer