Sukses


Pengertian CSR, Tujuan, Manfaat dan Contoh Programnya

Bola.com, Jakarta - CSR adalah kepanjangankan dari Corporate Social Responsibility. CSR merupakan bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan terhadap lingkungan yang dapat memberikan banyak manfaat.

CSR diadakan tidak sekadar untuk mendapat keuntungan atau laba bagi sebuah lembaga. Melainkan digunakan untuk bisa memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan itu berada.

Bagi perusahaan yang menjalankan program CSR, kenyataannya bisa mendapat banyak keuntungan. CSR merupakan satu di antara program penting yang harus dimiliki perusahaan.

Hal itu agar bisa mendapat banyak manfaat dari hubungan masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan. Selain itu, CSR di Indonesia diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3.

Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa CSR adalah tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai komitmen perusahaan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Berikut Tujuan dan Manfaat CSR bagi Perusahaan dan beberapa contohnya, disadur dari Liputan6, Selasa (24/5/2022).

2 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat CSR bagi Perusahaan

Tujuan CSR

Tujuan CSR (Corporate Social Responsibility) menurut (Saputri: 2011) adalah sebagai berikut.

1. Untuk meningkatkan citra dari perusahaan. Biasanya secara implisit. Asumsi bahwa perilaku perusahaan secara fundamental adalah baik.

2. Untuk membebaskan akuntabilitas organisasi atas dasar asumsi adanya kontrak sosial di antara organisasi dan masyarakat.

3. Sebagai perpanjangan dari pelaporan keuangan tradisional dan tujuannya ialah untuk memberikan informasi kepada investor.

Manfaat CSR

1. Mempertahankan serta mendongkrak reputasi dan citra perusahaan.

2. Mendapatkan lisensi untuk beroperasi secara sosial.

3. Melebarkan akses sumberdaya untuk operasional usaha.

4. Mereduksi risiko bisnis perusahaan.

5. Mereduksi biaya (salah satu contoh: dampak pembuangan limbah).

6. Membuka peluang pasar lebih luas.

7. Meningkatkan semangat dan produktivitas para karyawan.

8. Memperbaiki hubungan dengan stakeholder (pemangku kepentingan).

9. Memperbaiki hubungan dengan regulator.

10. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

3 dari 4 halaman

Program CSR Perusahaan Dunia

Bloomberg

Bloomberg Philantropies adalah bagian dari kerajaan media Bloomberg yang berfokus pada peningkatan taraf hidup dalam berbagai aspek.

Mengupayakan perubahan lingkungan dengan penekanan pada pengembangan energi bersih serta membangun kota-kota yang berkelanjutan.

Program ini juga turut meningkatkan kesehatan publik dengan pencegahan kegemukan, pengendalian distribusi tembakau serta keselamatan di jalan.

Disney

Setiap tahunnya, Disney mempublikasikan laporan CSR-nya berkisar upaya-upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk peningkatan standar kesejahteraan buruh, hidup sehat, perlakuan adil di lingkup kerja hingga komunitas.

Contoh dari program yang diterapkan adalah standarisasi toleransi tingkat emisi pada taman-taman hiburan.

4 dari 4 halaman

Program CSR Perusahaan Dunia

Google

Menurut Reputation Institute, google sempat lama menduduki peringkat pertama di dunia untuk program-program CSR-nya. Penerapan transparansi dilingkungan kerja dengan menomorsatukan perilaku yang baik menjadi program andalan perusahaan raksasa yang satu ini.

Duracell

Dengan produk baterai yang dikenal bisa diandalkan, Duracell memiliki PowerForward program yang dirancang untuk membantu daerah-daerah yang terkena bencana.

Sejak tahun 2011 lalu program ini telah membagikan hampir setengah juta baterai secara cuma-cuma bagi sekitar 34 ribu keluarga yang membutuhkan.

Bantuan ini juga termasuk akses internet dan tempat untuk mengisi ulang gadget sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan sanak famili.

Lego

Produsen mainan edukasi ini memiliki reputasi yang baik dalam perilaku kerja yang etis, pelaksanaan bisnis yang adil, dan beroperasi setransparan mungkin.

Lego memiliki dua program yaitu Build the Change da Sustainable Materials Center dan bekerja sama dengan WWF untuk mendorong leibh banyak linkungan yang berkelanjutan.

Perusahaan ini  juga berkomitmen pada tahun 2030 nanti akan memproduksi produknya dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

 

Disadur dari Liputan6 (Penulis: Laudia Tysara/Editor: Nanang Fahrudin. Published: 11/2/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer