Sukses


8 Manfaat Punya Sifat Rendah Hati Menurut Pandangan Islam

Bola.com, Jakarta Sikap rendah hati adalah satu di antara akhlak baik yang perlu ditanamkan dalam diri. Dalam Islam, rendah hati lebih dikenal dengan sikap tawadu.

Sikap rendah hati sangat berkaitan dengan kesabaran dan jauh dari kesombongan, namun tetap optimis serta percaya diri dalam hidup.

Tentunya, sikap rendah hati harus dimiliki semua orang supaya dijauhkan dari takabur dan keangkuhan hati.

Adapun perintah untuk bersikap rendah hati sudah tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 37 yang artinya:

“Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung."

Ternyata, memiliki sikap rendah hati dapat memberikan manfaat bagi kehidupan orang yang melakukannya. Lantas, apa saja manfaat memiliki sikap rendah hati bagi kehidupan orang yang melakukannya?

Berikut ini beberapa manfaat memiliki sikap rendah hati menurut pandangan Islam, disadur dari laman Dream, Selasa (24/5/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Punya Sifat Rendah Hati Menurut Pandangan Islam

1. Dicintai oleh Sesama

Sikap rendah hati adalah sikap yang terpuji dan dijunjung tinggi oleh agama apa pun, termasuk Islam. Manfaat memiliki sikap rendah hati membuat seseorang dicintai oleh sesama.

Dengan bersikap rendah hati, kamu akan lebih disukai dan dihargai oleh orang-orang di sekitarmu. Hal ini lantaran orang yang bersikap rendah hati, cenderung akan menghargai sesama.

2. Terhindar dari Sikap Takabur

Manfaat rendah hati yang selanjutnya menurut pandangan Islam adalah menghindarkan diri dari sikap takabur. Takabur atau sombong merupakan akhlak yang sangat dibenci Allah.

Maka dari itu, Allah memerintahkan manusia untuk bersikap rendah hati terhindar dari sikap yang angkuh dan sombong. Nabi Muhammad saw. bersabda,

"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar zarrah." (HR. Muslim)

3 dari 5 halaman

Manfaat Punya Sifat Rendah Hati Menurut Pandangan Islam

3. Diangkat Derajatnya oleh Allah Swt.

Manfaat rendah hati dalam Islam yang selanjutnya adalah akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt. Allah telah menjanjikan kepada orang yang bersikap rendah hati untuk diangkat derajatnya di sisi-Nya.

Manfaat rendah hati dalam Islam sudah tertuang dalam sebuah hadis berikut:

"Tidaklah seorang bertawadhu yang ditunjukkan semata-mata karena Allah Swt. melainkan Allah Azza wa Jalla akan mengangkat derajatnya." (HR Imam Muslim)

4. Punya Banyak Teman

Manfaat rendah hati dalam Islam yang selanjutnya adalah memiliki banyak teman. Seperti telah disebutkan di atas, dengan rendah hati kita akan disukai orang-orang di sekitar. Alhasil kita akan memiliki banyak teman.

Tak hanya itu, manfaat bersikap rendah hati akan membuat seseorang jauh dari rasa kebencian. Jika kamu bersikap rendah hati maka akan membuka lingkar pertemanan yang lebih luas.

Sebab seseorang akan lebih suka berteman dengan orang yang berpikiran positif, tidak sombong, dan baik kepada sesama.

4 dari 5 halaman

Manfaat Punya Sifat Rendah Hati Menurut Pandangan Islam

5. Mendapatkan Ketenangan dan Kedamaian Hati

Manfaat rendah hati yang selanjutnya dalam Islam adalah akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati. Sikap rendah hati juga akan membuat seseorang lebih bahagia dalam hidupnya karena terhindar dari sikap gelisah.

6. Terus Belajar dan Berkembang

Manfaat rendah hati yang sangat penting selanjutnya adalah membuat seseorang menyadari kekurangannya. Karena menyadari kekurangan bisa membuat kita lebih memacu untuk belajar dan terus mengembangkan diri.

Dengan sikap rendah hati, kita akan lebih semangat untuk belajar lagi dan mengembakan kemampuan yang dimiliki.

5 dari 5 halaman

Manfaat Punya Sifat Rendah Hati Menurut Pandangan Islam

7. Lebih Menerima Kritik dan Saran

Manfaat bersikap rendah hati juga akan membuat seseorang lebih terbuka terhadap kritik dan saran yang diberikan oleh orang lain. Sebab ia sadar, bahwa dengan kritik dan saran akan memberinya motivasi untuk terus mengembangkan diri menjadi lebih baik.

8. Lebih Bersyukur

Manfaat rendah hati yang terakhir adalah membuat seseorang lebih bersyukur dengan kehidupan yang dijalaninya. Sebab ia merasa apa pun yang ia miliki hanyalah titipan dari Allah Swt. Sehingga tidak ada yang perlu disombongkan kepada sesama manusia.

 

Disadur dari: Dream.co.id, (Penulis: Arini Saadah. Published: 29/12/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer