Sukses


Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Alat musik adalah sebuah instrumen yang dibuat atau dimodifikasi dengan tujuan menghasilkan suara. Adapun musik adalah susunan suara yang dihasilkan dari alat-alat hingga dapat menghasilkan irama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Alat musik memiliki variasi yang beragam.

Jenis alat musik yang ada terbagi menjadi beberapa kategori. Satu di antaranya alat musik dibedakan berdasarkan sumber bunyinya.

Ada banyak jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya. Apa saja jenis-jenis alat musik tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Pelajarindo, Rabu (25/5/2022).

 

 

2 dari 6 halaman

Idiophone

Idiophone merupakan kumpulan alat musik yang saat dimainkan akan bergetar. Getaran atau pemvibrasian tersebut menjadi sumber bunyi utama, tanpa penggunaan string dan membran.

Beberapa jenis golongan alat musik dalam kelompok idiofon antara lain adalah simbal, bel / lonceng, kulintang, talempong, marakas dan gong.

Cara memainkannya juga bervariasi, mulai dari dipukul, diketuk, digoyang-goyang, dan sebagainya. Saat dimainkan, alat musik ini akan mengeluarkan suara dengan gema yang panjang dan berdengung cukup lama hingga getarannya berhenti.

3 dari 6 halaman

Membranophone/Membranofon

Alat musik yang tergabung dalam golongan membranophone ini memiliki lapisan tipis / selaput pada permukaan alatnya, sebagai bagian yang akan menyumbang bunyi. Contoh alat musik Membranophone ini antara lain rebana, drum dan kendhang.

Cara memainkannya juga mudah, bisa dengan dipukul menggunakan stik (kayu pemukul), dan bisa juga dengan tangan secara langsung.

Membranofon banyak digunakan sebagai alat musik pengiring di beberapa jenis kesenian, misalnya seni tari, drama teater dan pertunjukkan budaya lainnya.

4 dari 6 halaman

Chordphone

Chordphone merupakan kumpulan peralatan musik yang memiliki dawai pada badannya. Dawai-dawai tersebut dibentangkan dari dua titik tertentu, kemudian ditarik hingga tegang dengan diawali penyetelan terlebih dahulu.

Secara umum, jenis alat musik ini dilengkapi sebuah rongga resonasi di bawah dawai. Rongga tersebut berfungsi untuk memperkuat bunyi yang dihasilkan saat dimainkan.

Cara memainkannya juga sangat mudah, cukup menggesek dawai dengan tangan langsung atau menggunakan alat bantu, di mana pada bagian ujung dawai yang lain harus disamakan dengan aturan chord-nya, sehingga suara yang dihasilkan menjadi indah.

Beberapa contoh alat musik chordphone antara lain gitar, biola, harpa dan piano. Alasan piano masuk dalam jenis ini karena piano sebenarnya memiliki dawai yang terhubung ke tuts (yang ditekan), sehingga saat tuts dimainkan, dawai tersebut akan bergetar dan menimbulkan bunyi.

5 dari 6 halaman

Aerophone

Aerophone merupakan kumpulan peralatan musik yang mengeluarkan bunyi dengan bersumber pada udara. Bunyi datang dari getaran yang terdapat di dalam alat tersebut.

Beberapa jenis alat musik yang masuk dalam kategori aerophone antara lain adalah terompet, seruling, harmonika, flute, klarinet, oboe dan saksofon.

Cara memainkannya juga tidak begitu sulit. Hanya perlu meniup rongga masuknya udara, dengan menyesuaikan chord pada beberapa rongga lainnya, sesuai dengan aturan main agar bisa menghasilkan suara yang indah.

6 dari 6 halaman

Electrophone

Elektrophone adalah istilah untuk alat-alat musik yang dalam penggunaannya dibantu oleh kekuatan listrik, yakni komponen elektrik sebagai sumber bunyi. Jenis alat elektro sangat berkembang pesat belakangan ini, mengingat kemajuan teknologi yang kian pesat.

Beberapa contoh alat musik elektrofon antara lain adalah keyboard, gitar dan bass listrik, eigenharp, korg kaossilator, turnable, laser harp dan the reactable.

Jenis yang satu ini merupakan revolusi dari ke-4 jenis di atas, yakni diaplikasikan dengan bantuan tenaga listrik aktif.

Sumber: pelajarindo.com

Video Populer

Foto Populer