Sukses


Macam-Macam Bahaya Minum Teh Berlebihan yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta Kebiasaan minum teh memang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas wajar. Ada yang menyebut batas wajar minum teh dua cangkir, ada pula yang empat cangkir sehari.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan teh sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat yang bisa meredam sejumlah penyakit.

Namun, jika kebanyakan minum teh, Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya. Dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Untuk itu, Anda harus pandai mengatur asupan teh sehari-hari agar tidak menimbulkan berbagai dampak yang buruk untuk kesehatan. 

Berikut ini macam-macam bahaya minum teh berlebihan yang perlu diwaspadai, dikutip dari laman healthline, Rabu (25/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Teh Berlebihan

1. Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Teh kaya akan sumber senyawa tanin yang dapat mengikat zat besi dalam makanan tertentu. Jika senyawa tanin terlalu banyak, maka zat besi tidak tersedia untuk diserap di saluran pencernaan.

Alhasil dapat menghambat penyerapan zat besi dari sumber nabati daripada dari makanan hewani. Jumlah tanin yang ada dalam teh sangat bervariasi tergantung jenis dan cara penyajiannya. Oleh karena itu, membatasi konsumsi hingga 3 cangkir (710 ml) per hari jadi batas aman.

2. Meningkatkan Kecemasan

Beberapa jenis teh mengandung kafein. Alih-alih memberikan efek tenang, konsumsi teh yang terlalu banyak justru dapat memicu kecemasan. Rata-rata secangkir teh mengandung 11-61 mg kafein, tergantung jenis teh yang diminum.

Konsumsi kafein di bawah 200 mg sehari berisiko lebih kecil menimbulkan rasa cemas tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa sensitivitas masing-masing orang terhadap kafein dapat berbeda.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Teh Berlebihan

3. Susah Tidur

Kafein dalam teh tak hanya berisiko memicu rasa cemas. Jika dikonsumsi berlebihan, bahaya teh lainnya adalah susah tidur karena kandungan kafeinnya.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Risk Management and Healthcare Policy menyebutkan, kafein dapat menghambat produksi hormon tidur atau hormon melatonin. Kurang tidur juga dapat memicu bahaya lain bagi tubuh, seperti kelelahan, gangguan memori, bahkan obesitas.

4. Mual

Bahaya minum teh saat perut kosong adalah menyebabkan rasa mual. Terlebih, jika teh yang dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan tannin dalam teh bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan.

Konsekuensinya, perut bisa terasa nyeri hingga mual. Seberapa berdampaknya teh pada pencernaan seseorang bergantung pada sensitivitas masing-masing.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Teh Berlebihan

5. Heartburn

Heartburn adalah sensasi perih dan terbakar di dada yang bisa terjadi karena naiknya isi lambung ke kerongkongan. Heartburn pun berisiko menjadi efek samping minum teh pada beberapa orang apabila konsumsinya berlebihan.

Efek terlalu banyak minum teh ini juga disebabkan oleh kafein karena senyawa ini dapat memicu isi lambung yang asam naik lebih mudah menuju kerongkongan. Kafein juga berisiko merangsang produksi total asam lambung.

Apabila Anda terus mengalami heartburn seiring juga terlalu banyak minum teh, maka mengurangi minuman ini sangat disarankan.

6. Sakit Kepala dan Pusing

Secangkir teh di pagi hari membantu membuat diri lebih bersemangat menyambut hari. Namun, apabila berlebihan, kafein dalam teh dapat menjadi bumerang dan menimbulkan sakit kepala dan pusing.

Efek samping minum teh ini juga dapat bervariasi bagi beberapa orang. Misalnya, sebagian individu boleh jadi merasa sakit kepala walau hanya mengonsumsi 100 mg kafein.

Apabila Anda banyak minum teh dalam satu hari dan sering merasa pusing atau sakit kepala, maka mengurangkan konsumsi teh sangat disarankan.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Bahaya Minum Teh Berlebihan

7. Komplikasi Kehamilan

Paparan kafein tingkat tinggi dari minuman seperti teh selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti keguguran dan berat badan bayi lahir rendah. Data tentang bahaya kafein selama kehamilan beragam, dan masih belum jelas secara pasti berapa banyak yang aman.

Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa risiko komplikasi tetap relatif rendah jika menjaga asupan kafein harian di bawah 200-300 mg.

8. Ketergantungan Terhadap Kafein

Tak hanya konsumsi kopi yang menimbulkan seseorang ketergantungan terhadap kafein. Sebagai stimulan, kafein dalam teh juga berisiko menimbulkan efek samping ketergantungan dan menimbulkan gejala jika Anda tidak mengonsumsinya.

Gejala henti kafein dapat beragam, seperti sakit kepala, lekas marah, dan rasa lelah. Peningkatan detak jantung juga dapat menjadi gejala henti kafein.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer