Sukses


Pengertian Afiliasi dalam Berbagai Bidang yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia pekerjaan, Anda pasti kerap mendengar kata afiliasi. Yap, afiliasi merupakan suatu isilah yang kerap dijumpai dalam hal kerjasama.

Afiliasi bisa digunakan di berbagai bidang seperti psikologi, bisnis, institusi pendidikan, pemasaran, dan banyak lagi. Secara umum, afiliasi adalah bentuk kerja sama yang saling membutuhkan.

Afiliasi merupakan kebutuhan sosial yang dimiliki setiap individu. Dalam proses kelompok, individu selalu didorong untuk mengembangkan dan memelihara hubungan sosial yang bermakna dengan orang lain.

Afiliasi bisa menjadi cara untuk memelihara hubungan baik antara individu. Itu artinya afiliasi merupakan sebuah kebutuhan bagi semua orang untuk tetap bisa hidup berdampingan.

Ini sebabnya afiliasi sering dianggap kegiatan penting di banyak aspek kehidupan manusia. Ada banyak situasi di mana orang merasa membutuhkan afiliasi.

Agar lebih mudah dipahami, berikut pengertian afiliasi dalam berbagai bidang, disadur dari Liputan6, Rabu (25/5/2022).

2 dari 3 halaman

Pengertian Afiliasi dalam Berbagai Bidang

Pengertian afiliasi secara umum

Afiliasi adalah hubungan pribadi yang positif, terkadang intim. Afiliasi dapat mencakup perhatian untuk membangun, mempertahankan, atau memulihkan hubungan afektif yang positif dengan orang atau orang lain.

Menurut Murray, afiliasi adalah mendekatkan diri,bekerjasama atau membalas ajakan orang lain yang bersekutu (orang lain yang menyerupai atau menyukai subjek).

Menurut kamus Merriam-Webster afiliasi adalah keadaan atau hubungan yang terkait erat atau berafiliasi dengan orang, grup, pihak, perusahaan, dan lain sebagainya.

Menurut KBBI, afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua lembaga pendidikan, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri.

Bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan.

Afiliasi dalam psikologi

Dalam psikologi, kebutuhan afiliasi merupakan satu subjek yang dipelajari. Afiliasi adalah kebutuhan dasar manusia untukbersama manusia lain.

Menurut Chaplin, afiliasi adalah suatu bentuk akan pertalian dengan orang lain, pembentukan persahabatan, ikut serta dalam kelompok-kelompok tertentu, kerja sama dan kooperasi.

Kebutuhan ini mengarahkan tingkah laku untuk mengadakan hubungan secara akrab dengan orang lain. Kebutuhan afiliasi kecendrungan untuk membentuk pertemanan dan bersosialisasi, untuk berinteraksi secara dekat dengan orang lain, untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan orang lain.

Afiliasi dalam perdagangan

Dalam ilmu perdagangan, afiliasi adalah hubungan antara dua entitas di mana salah satu memiliki kurang dari mayoritas saham di saham lainnya.

Afiliasi juga dapat menggambarkan jenis hubungan di mana setidaknya dua perusahaan berbeda adalah anak perusahaan dari perusahaan induk yang lebih besar.

Baru-baru ini, afiliasi telah menjadi bentuk pemasaran yang populer untuk perusahaan eCommerce. Afiliasi pemasaran membawa kekuatan efek jaringan ke penjangkauan merek, menggunakan pelanggan dan duta besar saat ini sebagai saluran untuk penjangkauan pemasaran.

3 dari 3 halaman

Pengertian Afiliasi dalam Berbagai Bidang

Afiliasi dalam marketing

Afiliasi pemasaran adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana hadiah bisnis satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi sendiri.

Pemasaran afiliasi biasanya dibingungkan dengan pemasaran rujukan, karena kedua bentuk pemasaran menggunakan pihak ketiga untuk mendorong penjualan ke pengecer.

Kedua bentuk pemasaran dibedakan, bagaimanapun, dalam cara mereka mendorong penjualan, di mana pemasaran afiliasi hanya bergantung pada motivasi keuangan, sementara pemasaran rujukan lebih mengandalkan kepercayaan dan hubungan pribadi.

Afiliasi dalam sekolah

Sekolah yang berafiliasi adalah lembaga pendidikan yang beroperasi secara mandiri, tetapi juga memiliki perjanjian kolaboratif formal dengan lembaga lain.

Hal itu biasanya lebih besar yang mungkin memiliki tingkat kendali atau pengaruh tertentu atas kebijakan, standar akademik atau program. Afiliasi sekolah ini juga termasuk perguruan tinggi yang berafiliasi, sekolah federasi, atau perguruan tinggi federasi.

Afiliasi dalam jaringan

Jaringan afiliasi bertindak sebagai perantara antara penerbit (afiliasi) dan program afiliasi pedagang. Ini memungkinkan penerbit situs web untuk lebih mudah menemukan dan berpartisipasi dalam program afiliasi yang sesuai untuk situs web mereka (dan dengan demikian menghasilkan pendapatan dari program tersebut), dan memungkinkan situs web yang menawarkan program afiliasi (biasanya pedagang online) untuk menjangkau khalayak yang lebih besar dengan mempromosikan program afiliasi mereka.

Disadur dari Liputan6 (Penulis: Anugerah Ayu Sendari/Editor: Rizky Mandasari. Published: 18/3/2021)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer