Sukses


Contoh-Contoh Keberagaman di Lingkungan Sekolah yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan.

Keberagaman yang menjadi realita kehidupan di Indonesia menjadi modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bangsa. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Keberagaman di Indonesia tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke, Rote hingga Miangas. Keberagaman yang dimiliki Indonesia tersebut bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, keberagaman banyak ditemukan di berbagai lingkungan. Keberagaman di berbagai lingkungan tersebut antara lain, lingkungan masyarakat, agama, hingga sekolah.

Ada beberapa contoh keberagaman di sekolah yang biasa ditemui. Keberagaman di sekolah biasanya terkait karena ada banyaknya perbedaan yang terjadi dalam lingkungannya.

Berikut ini beberapa contoh keberagaman di lingkungan sekolah yang sering ditemui, seperti dilansir dari globalprestasi.sch.id, Rabu (25/5/2022).

 

 

 

2 dari 4 halaman

Contoh Keberagaman di Lingkungan Sekolah

1. Keberagaman Agama

Agama adalah sistem keyakinan kepada Tuhan. Di sekolah, terutama jika kamu berada di sekolah negeri atau umum ada beragam kepercayaan seperti Islam, Katolik, Kristen, Budha, dan Hindu.

Namun, adanya perbedaan agama ini membuat semua warga di lingkungan sekolah dapat saling menghormati satu sama lainnya.

2. Keberagaman Jenis Kelamin

Jenis kelamin adalah perbedaan antara perempuan dan laki-laki secara biologis sejak seseorang lahir. Jenis kelamin merupakan kodrat Tuhan.

Tidak hanya di sekolah, di lingkungan rumah dan masyarakat umum pun kita menemukan perbedaan jenis kelamin yaitu perempuan dan laki-laki. Namun dalam bersosialisasi di sekolah, perbedaan jenis kelamin ini bukan jadi halangan kita dalam bekerja sama dan bermain dengan satu sama lainnya di sekolah.

3 dari 4 halaman

Contoh Keberagaman di Lingkungan Sekolah

3. Keberagaman Suku Bangsa

Suku bangsa atau kelompok etnik adalah kesatuan hidup manusia yang mempunyai sistem interaksi, sistem norma yang mengatur interaksi tersebut, dan sistem kepemimpinan tersendiri.

Sampai saat ini tidak ada jumlah pasti tentang suku bangsa di Indonesia. Antarsuku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

Jadi, hal tersebut juga akan ditemukan dalam lingkungan sekolah karena kita tinggal di Indonesia. Banyaknya pendatang dari luar pulau biasanya akan menyebabkan adanya perbedaan suku bangsa di sekolah.

Namun, ini tentunya membuat anak-anak lebih mengerti dan mengetahui tentang budaya lain.

4. Keberagaman Wilayah

Tidak semua siswa atau anggota lain yang berada di lingkungan berasal dari wilayah yang sama. Hal ini seperti halnya dengan keberagaman suku bangsa.

Adanya pendatang dari berbagai pulau seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua, dan pulau lainnya yang ada di Indonesia membuat lingkungan sekolah diisi siswa dari berbagai daerah membawa kebudayaannya.

4 dari 4 halaman

Contoh Keberagaman di Lingkungan Sekolah

5. Keberagaman Sifat dan Kepribadian

Setiap masing-masing individu memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda satu sama lainnya. Kepribadian inilah yang membuat seseorang memiliki ciri khas dan membuat lingkungan memiliki keberagaman.

Tentunya perbedaan sifat ini membuat siswa belajar saling menghargai dan memahami karakter teman-temannya di sekolah. Dengan saling menghormati tersebut akan tercipta persatuan dan kesatuan di sekolah.

6. Keberagaman Bahasa

Dengan adanya perbedaan wilayah dan suku bangsa membuat bahasa yang ada di lingkungan sekolah juga beragam. Setiap masyarakat memiliki bahasa, dialek, serta logat yang berbeda.

Hal tersebut biasanya akan dibawa ke lingkungan sekolah karena sebelumnya dipengaruhi dari bahasa pertamanya atau bahasa ibu yang digunakan dalam lingkungan rumah.

Sumber: Web Global Prestasi School

Video Populer

Foto Populer