Sukses


Manfaat Berenang untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Bola.com, Jakarta - Berenang menjadi satu di antara olahraga favorit semua kalangan. Tua muda, dewasa maupun anak-anak, laki-laki perempuan, dan bahkan ibu hamil, banyak yang suka dan rutin melakukan olahraga renang.

Selain memberikan manfaat hiburan karena menyegarkan dan menyenangkan, berenang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berenang diketahui dapat memberikan manfaat untuk menangani penyakit yang menahun.

Dengan rutin berenang diketahui dapat menguatkan tulang, mengurangi risiko diabetes, melawan risiko penyakit jantung koroner, dan sebagainya.

Namun, tidak hanya bermanfaat secara fisik, berenang punya manfaat untuk kesehatan mental, seperti dapat mengurangi gejala cemas.

Mengetahui manfaat berenang, Anda bisa rutin menjadwalkan untuk berenang sehingga kesehatan Anda dapat terjaga. Jadikan berenang sebagai bagian gaya hidup sehat Anda.

Berikut penjelasan lebih mendalam perihal manfaat berenang untuk mengatasi berbagai penyakit, disadur dari Klikdokter, Sabtu (28/5/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Renang untuk Mengatasi Penyakit

Mengatasi penyakit kronis

Berenang dapat membantu menangani masalah penyakit kronis, misalnya penyakit peradangan sendi – artritis. 

Artritis adalah penyakit yang bersifat kronis dan terjadi seumur hidup. Biasanya, penyakit ini menyerang pria dan wanita yang berusia di atas 55 tahun. 

Pasien dengan arthiritis menderita pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerak tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Nah, dengan berenang gejala nyeri yang dirasakan pengidap dapat makin berkurang.

Melawan risiko jantung koroner

Berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung coroner karena berenang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung

Mengurangi risiko diabetes

Berenang dapat mengurangi risiko terkena diabetes, dengan durasi berenang selama 30 menit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Renang untuk Mengatasi Penyakit

Meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru

Berenang dapat meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru sehingga dapat membantu pengidap asma untuk mengatasi penyakitnya.

Menguatkan tulang

Berenang dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko terjadinya patah tulang pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Mengurangi gejala cemas

Berenang dapat membantu mengurangi gejala cemas penderita fibromyalgia. Fibromyalgia adalah suatu penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 11/7/2016)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer