Sukses


Bidik Beragam Kejuaraan Dunia untuk Digelar di Indonesia, Menpora Ingin Maksimalkan Pariwisata Olahraga

Bola.com, Banyuwangi - Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia kerap menggelar kejuaraan level dunia. Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa fenomena ini merupakan perwujudan dari arahan Presiden Joko Widodo agar Indonesia bisa menggelar kejuaraan olahraga level dunia.

Untuk 2022 ini saja Indonesia sudah menggelar MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, pada Maret lalu. Kemudian yang terkini ada World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi.

Indonesia masih akan menggelar sejumlah kejuaraan internasional dan dunia, mulai dari Piala Asia Basket FIBA, Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, Kejuaraan Dunia Wushu Junior, ASEAN Para Games, Formula E, BWF Super Series, dan Indonesia International Challenge.

Menpora Zainudin Amali pun menegaskan bahwa pihaknya saat ini memang tengah menitikberatkan sport tourism dan sport industry sebagai implementasi pengembangan serta peningkatan industri di Tanah Air yang sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

"Kami sedang mendorong sport tourism dan sport industry untuk pengembangan industri nasional. Jika dibandingkan negara lain, potensi Indonesia sangat banyak, tapi belum dikelola secara maksimal," ujar Menpora Zainudin Amali ketika membuka WSL Championship Tour 2022 di Banyuwangi, Jumat (27/5/2022).

 
2 dari 4 halaman

Mendorong Ekonomi Negara

Menggelar kejuaraan olahraga taraf dunia diharapkan bisa mendatangkan manfaat lain, seperti banyaknya wisatawan mancanegara yang hadir di Indonesia untuk menyaksikan langsung kejuaraan tersebut. Dengan begitu pariwisata di Indonesia pun ikut meningkat.

"Kami mencoba mendorong agar olahraga mendapatkan manfaat dari segi ekonomi, yaitu makin banyak turis yang datang ke sini," ujar Menpora.

3 dari 4 halaman

Arahan Presiden Jokowi

Hal ini dilakukan oleh Kemenpora untuk mewujudkan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar Indonesia bisa menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga level dunia digelar di Tanah Air.

"Arahan Bapak Presiden Joko Widodo kepada saya adalah menarik sebanyak mungkin event dunia agar dapat dilaksanakan di Indonesia," ujar Menpora.

"Saat ini sudah ada WSL, World Beach Games, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-20 dan banyak masih banyak lagi," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Maksimalkan Paket Wisata Olahraga

Sebagai bentuk dari upaya untuk menggelar lebih banyak kegiatan serupa, Menpora berharap makin banyak pula paket sport tourism yang dikemas lebih menarik sehingga bisa menjadi destinasi bagi wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia lewat kegiatan olahraga.

"Saya mengakui, kita belum memaksimalkan sport tourism. Belum seperti negara tetangga. Thailan contohnya sudah mendorong devisa yang datangnya dari sport tourism. Jika ada kejuaraan golf, mereka sudah siapkan paketnya, sudah banyak biro perjalanan yang membuat paket itu, sementara di Indonesia masih kurang," ujar Menpora Zainudin Amali.

"Semoga ke depan akan makin baik lagi dan makin banyak paket sport tourism yang diadakan dengan kemasan yang lebih menarik bagi wisatawan asing," lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer