Sukses


Contoh-Contoh Pidato Acara Kelulusan Sekolah Kelas 6 SD

Bola.com, Jakarta - Saat acara perpisahan kelas 6 SD terdapat perwakilan yang akan menyampaikan pidato kelulusan sekolah, satu di antaranya perwakilan dari para siswa.

Menyusun pidato yang mengena terbilang gampang-gampang susah sehingga kamu mungkin membutuhkan contoh pidato sebagai referensi.

Sebelum menyampaikan pidato, biasanya disusun naskah pidato untuk membantu kelancaran acara perpisahan tersebut.

Sebaiknya naskah pidato disusun sebaik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai agar isi pidato menarik dan lebih mudah dimengerti pendengarnya.

Adapun isi pidato kelulusan sekolah umumnya terkandung ucapan terima kasih kepada guru, pesan dan kesan selama proses belajar, serta pesan buat sesama teman maupun adik kelas.

Berikut ini contoh-contoh pidato acara kelulusan sekolah kelas 6 SD yang dapat dijadikan referensi, dikutip dari laman Saintif dan Dosenpintar, Selasa (31/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Pidato Kelulusan Sekolah 1

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh.

Yang saya hormati,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah (sebut namanya)

Para guru (nama sekolah)

Orang tua/wali murid yang terhormat

Teman dan adik kelas yang saya cintai

Puji dan syukur atas kehadiran Allah Swt. yang memberi kita semua rahmat-Nya. Hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam enam tahun terakhir. Semoga Allah selalu menghargai semua jasa bapak dan ibu gurus sekalian.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman dari kelas 6, juga meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan bapak dan ibu guru. Saya harap bapak dan ibu guru, selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Bagi adik kelas, teruslah belajar dengan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus mencari ilmu dan selalu menghormati orang tua/guru kita di sekolah ini.

Dan akhirnya, kepada orang tua kita yang tercinta, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih atas kesediaannya untuk mengirim kami ke sekolah (sebutkan nama sekolah) dan terima kasih atas pendidikan yang telah diberikan kepada kami.

Sekian dari saya,

Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.

3 dari 5 halaman

Contoh Pidato Kelulusan Sekolah 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru beserta tamu undangan;

Serta kawan-kawanku yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita.

Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada perayaan perpisahan kelas 6. Guru-guru dan Teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami belajar.

bersama Bapak/Ibu Guru, saya selaku perwakilan dari kelas 6 mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kami semua yang telah memberi motivasi kepada kami semua. Untuk teman-teman, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal, kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 dari 5 halaman

Contoh Pidato Kelulusan Sekolah 3

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak Kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang kami hormati, serta teman-teman dan adik sekelas tercinta. Mari kita bersyukur terlebih dahulu kepada Allah Swt. karena atas berkah dan perlindungan-Nya siang ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan.

Di sini, kami mewakili seluruh teman-teman kelas 6, untuk mengucapkan terima kasih atas kesediaan kepala sekolah, para guru, dan orang tua untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan para guru yang telah mendidik kami selama sekitar enam tahun. Tentu saja para guru yang telah mendidik kami selama enam tahun, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan karena sikap kami. Namun, para guru tetap sabar dan tidak kenal lelah untuk mendidik kami, jadi sekali lagi kamu ucapkan terima kasih.

Juga pada kesempatan ini, kami meminta maaf jika dalam enam tahun terakhir kami telah melakukan banyak hal, atau kata-kata kami tidak menyenangkan hati para guru, jadi kami meminta hari ini untuk membuka pintu maaf yang sebesar-besarnya untuk kami.

Kami juga ingin berpesan kepada adik-adik kelas kami, semoga setelah kami pergi, Anda akan terus tekun dan rajin belajar. Contoh yang baik-baik dari kami, dan membuang contoh buruk dari kami.

Juga pada kesempatan ini, kami memohon pamit dan meminta berkah dari para guru, sehingga kami dapat melanjutkan ke sekolah menengah pertama yang kami pilih. Kami berjanji bahwa di sekolah menengah pertama kami akan belajar dengan rajin untuk membawa nama baik sekolah ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5 dari 5 halaman

Contoh Pidato Kelulusan Sekolah 4

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Para orang tua siswa, guru, dan saudara kelas yang kami banggakan. Tidak terasa enam tahun telah berlalu. Kami telah mengalami suka dan duka sekolah ini. Hari ini kami berkumpul di acara perpisahan, segera kami akan meninggalkan sekolah yang kami cintai ini.

Pada kesempatan yang baik ini kami, atas nama siswa kelas 6, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak dan Ibu guru karena sudah membimbing kami untuk menyelesaikan satu tahap jenjang pendidikan di sekolah ini. Semoga ilmu yang diberikan Bapak dan Ibu guru bermanfaat bagi kami.

Kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang dengan tulus membimbing dan membesarkan kami sehingga kami bisa mendapatkan pendidikan yang utuh. Kepada adik-adik kelas, selamat tinggal, semoga kesuksesan dan keberhasilan akan selalu ada untuk Anda.

Kami tahu perjalanan kami masih panjang. Kami akan melewati onak dan duri di perjalanan kami berikutnya. Untuk itu kami mengharapkan doa dari guru dan adik-adik sehingga kami dapat menjalani kewajiban dan bagian kehidupan kami di sekolah yang lebih tinggi dengan selamat. Untuk mewujudkan cita-cita kami dengan diiringi doa Bapak dan Ibu guru serta orang tua kami.

Akhir kata, semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah Swt. Wassalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

 

Sumber: Saintif, Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer