Sukses


Contoh Teks MC dalam Acara Perpisahan Sekolah yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Acara perpisahan sekolah menjadi momen yang bahagia sekaligus sedih. Pasalnya, acara tersebut menjadi momentum tepat untuk mengucapkan terima kasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik kita selama sekian tahun.

Di sisi lain, acara perpisahan sekolah membuat kita harus rela meninggalkan sekolah, guru, dan kenangan bersama teman.

Seperti diketahui, acara perpisahan sekolah dianggap sebagai simbol selesainya siswa dalam belajar di jenjang sekolah tertentu.

Pada saat acara perpisahan sekolah tentu akan dihadiri oleh tamu-tamu undangan, khususnya orang tua siswa. Dan biasanya di setiap acara perpisahan sekolah, terdapat petugas yang mengatur jalanya acara atau yang disebut MC atau pembawa acara.

Adapun teks MC dapat dijadikan sebagai referensi untuk bagi kamu yang bertugas sebagai pembawa acara di acara perpisahan sekolah.

Berikut ini contoh teks MC (pembawa acara) dalam perpisahan sekolah, yang bisa dijadikan sebagai referensi, dikutip dari laman Dadangjsn dan Majalahpendidikan, Selasa (31/5/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah 1

Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh... Salam sejahtera untuk kita semua...

Yang terhormat Kepala Sekolah/Madrasah... , Bapak/Ibu Guru, Bapak/Ibu Dewan Komite, Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas... dan..., Bapak/Ibu Tamu Undangan, serta teman-temanku siswa-siswi... (nama sekolah/madrasah) yang berbahagia...

Alhamdulillahirobbil'alamiin... Segala puji bagi Allah Swt. Yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan yang tak terhingga di antaranya kesadaran iman, kesehatan serta kesempatan yang berbahagia ini sehingga kita dapat bersama-sama dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas... (nama sekolah/madrasah).

Selanjutnya selawat serta salam semoga senantiasa Allah Swt. curahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang mana dari beliaulah kita mendapatkan contoh maupun suri teladan terbaik bagi kita dalam menjalani berbagai segi kehidupan sehari-hari sehingga kita semua dapat dirida-Nya dan semoga kita semua mendapatkan safa'at dari beliau pada hari pembalasan kelak. Amiin...

Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh hadirin, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan atas kehadiran Bapak/Ibu hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya dengan rela meninggalkan aktivitas sehari-hari untuk hadir dalam acara ini.

Saya di sini sebagai pembawa acara, oleh karena itu saya akan membacakan susunan acara perpisahan siswa-siswi kelas... (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun Pelajaran... , selengkapnya sebagai berikut:

  • Pembukaan acara perpisahan oleh pembawa acara.
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara/i... dan...
  • Sambutan ketua panitia acara perpisahan oleh Bapak/Ibu...
  • Sambutan Kepala Sekolah/Madrasah...
  • Hiburan pembukaan; tari persembahan tari daerah dan pembacaan puisi oleh siswa.
  • Sambutan dari wali murid kelas... /perwakilan guru; Penyerahan siswa-siswi kepada orang tua (wali murid) serta pesan dan kesan dari guru terhadap orang tua (wali murid) dan siswa-siswi.
  • Sambutan dari perwakilan orang tua (wali murid) kelas... ; Penerimaan siswa-siswi kembali kepada orang tua (wali murid) serta kesan dari orang tua (wali murid kepada sekolah).
  • Hiburan; Pementasan kreativitas pelajar oleh siswa-siswi...
  • Sambutan dari perwakilan siswa-siswi kelas... ; Pesan dan kesan terhadap guru/sekolah serta adik-adik kelas.
  • Sambutan dari perwakilan adik-adik Kelas; Perwakilan siswa-siswi kelas... s.d...
  • Hiburan; Pentas seni oleh siswa-siswi
  • Pengumuman tentang kelulusan siswa.
  • Penyerahan kenang-kenangan ataupun hadiah.
  • Pembacaan doa.
  • Sayonara ; Saling berjabat tangan antara guru dan orang tua (wali murid), siswa-siswi kelas... dengan siswa-siswi adik kelas, siswa-siswi kelas... dengan majelis guru, orang tua / wali murid, dan seluruh hadirin.
  • Penutup.

Hadirin sekalian yang kami hormati...

Memasuki acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita bersama-sama mengawali acara perpisahan kelas... (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun pelajaran... ini dengan bacaan Basmalah; Bismillahirohmanirrohim......

Semoga seluruh rangkaian acara pada acara perpisahan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena perlindungan dan rida-Nya.... Amin....

Hadirin sekalian yang kami hormati

Memasuki acara yang kedua yaitu Pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang akan dibawakan oleh Saudara/i... dengan  Sari Tilawah oleh saudara/I... kepada Saudara/i... dan Saudara/i, waktu dan tempat kami persilahkan.

Memasuki acara yang ketiga yaitu sambutan dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu... kepada Bapak/Ibu... waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari ketua panitia, kepada Bapak/Ibu... kami ucapkan terima kasih.

Hadirin sekalian yang saya hormatI,

Memasuki acara yang keempat yaitu sambutan dari Kepala Sekolah/Madrasah... yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu... kepada Bapak/Ibu... waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah... kepada Bapak/Ibu... kami ucapkan terima kasih.

Dan seterusnya...

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian acara demi acara telah kita lalui bersama-sama dengan baik dan lancar. Sebelum kita akhiri acara ini sebagai ucapan syukur atas sukses terselenggaranya acara ini marilah kita bersama-sama mengucapkan Hamdalah, Alhamdulillahirobbil’alamin.......

Akhirnya saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan tutur kata jika ada kesalahan sikap maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Terima kasih atas segala perhatian dan semoga dari acara ini kita semua mendapatkan hal-hal yang positif dari Allah Swt. Amin...

Akhiru kalam wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

3 dari 3 halaman

Contoh Teks MC Perpisahan Sekolah 2

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama dan yang paling diutamakan, marilah kita bersyukur kapada Tuhan YME atas berkah dan rakhmat- Nya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam rangka menghadiri acara perpisahan siswa kelas XII SMA (nama sekolah).

Bapak dan ibu guru yang kami muliakan, rekan-rekan yang kami cintai, dan siswa-siswi yang kami banggakan.

Tak terasa sudah tiga tahun kita lewati bersama-sama di SMA (nama sekolah) yang kita cintai ini, di mana banyaknya terjalin rasa keakrapan dan eratnya tali persaudaraan, baik di antara sesama siswa, maupun antara siswa dan guru.

Untuk membuka acara ini agar berjalan dengan baik marilah kita mengucapkan lafat Basmalah.

Bismillahirrohmanirrohim.

Acara selanjutnya, yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kepada yang terhormat seluruh hadirin yang ada disini diharapkan untuk berdiri.

Sebagai dirigen yang terhormat Bapak/Ibu ... dimohon maju untuk dapat membawakan lagu Indonesia Raya.

Tamu undangan dipersilakan duduk kembali. Terima kasih kepada Bapak/Ibu ... yang bertindak sebagai dirigen.

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Kepala sekolah (nama sekolah), kepada yang terhormat Bapak/Ibu... kami persilakan.

Terima kasih atas sambutan dari Kepala Sekolah. Semoga pesan-pesan yang beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya sambutan dari Wakil Kepala Sekolah.

Terima kasih atas sambutan dari Wakil Kepala Sekolah. Semoga pesan-pesan yang beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya ini ada sambutan dari perwakilan adik kelas.

Itulah tadi penyampaian yang diberikan oleh adik kelas, selanjutnya kita bisa menyaksikan penampilan-penampilan dari adik kelas untuk menunjukan bakat nya kepada kakak-kakak kelas yang sebentar lagi akan diresmikan lulus.

Itulah tadi penampilan terbaik yang diberikan dari adik-adik kelas, semoga kita semua dapat terhibur dengan penampilan-penampilan yang telah ditujukan tadi.

Selanjutnya kita masuk ke proses yang dinanti-nantikan, yaitu penyerahan kenang-kenangan.

Demikianlah penyerahan kenang-kenangan dari siswa siswi kelas XII. Semoga dengan adanya kenang-kenangan tersebut dapat digunakan sebagai obat rasa rindu akan keakraban, kebersamaan, dan kekompakan selama tiga tahun terakhir ini.

Acara yang selanjutnya yaitu membaca doa secara bersama-sama, untuk yang terhormat Bapak XXX agar dipersilakan untuk memimpin doa. Bagi anak non-Muslim bisa menyesuaikan.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu ... yang telah memimpin doa. Semoga dengan doa, acara pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua aamin aamiin ya rabbal alaamiin.

Sebelumnya kami atas nama siswa dan siswi kelas XII SMA (nama sekolah) mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas segala pengajaran, pendidikan dan bimbingan serta pengarahan Bapak dan Ibu Guru berikan kepada kami selama ini.

Kami siswa kelas XII tak bisa memberi apa-apa kepada Bapak dan Ibu Guru, melainkan hanya dharma bakti kami bagi nusa dan bangsa.

Apabila selama didalam mengikuti pendidikan ataupun pengajaran di sekolah ini banyak sekali membuat marah dan juga jengkel disebabkan ucapan ataupun perbuatan dari kami, sikap dan tingkah laku yang kurang berkenan di sanubari Bapak/Ibu Guru sekalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekali lagi untuk itu kami mohon maaf dan terima kasih.

 

Sumber: Dadangjsn, Majalahpendidikan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer