Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Tahajud yang Didapatkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Salat tahajud merupakan satu di antara ibadah sunah yang dikerjakan pada malam hari. Biasanya, salat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur dalam kurun waktu setelah salat fardu isya hingga masuknya waktu subuh.

Namun, waktu yang tepat untuk melaksanakan salat tahajud yaitu sepertiga malam. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 79, yang artinya:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (QS. Al-Isra ayat 79).

Salat tahajud bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan tidak ada batas maksimal jumlah rakaatnya. Umat Muslim dianjurkan melaksanakan salat tahajud setiap malam meski hanya dua rakaat.

Sebab, salat sunah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan yang bisa didapatkan setelah menjalankannya. Apa saja keutamannya?

Berikut ini macam-macam keutamaan salat tahajud yang perlu diketahui, dilansir dari laman zakat.or.id, Jumat (3/6/2022).

2 dari 6 halaman

Pembuka Pintu Surga

Banyak jalan untuk menuju surga Allah Swt. pintu-pintu surga terbuka bagi hamba-hamba yang bisa meraup timbangan amal baik dan bernilai dihadapan-Nya. Satu di antara amal baik itu adalah salat tahajud. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahmi, dan salatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3 dari 6 halaman

Menepis Kegundahan dalam Jiwa

Manusia merupakan makhluk yang bergantung pada Allah Swt. Semua yang dilakukan manusia, di manapun berada, apa pun isi hatinya, hanya Allah Swt. yang tahu. Tak ada yang bisa disembunyikan dari-Nya bahkan bisikan terhalus dari hati dan pikirannya.

Semua rasa takut, gelisah dan gundah yang hadir di hati seseorang, bisa dengan mudah Allah Swt. gantikan dengan ketenangan dan ketentraman. Semua itu, bisa terwujud dengan mendirikan salat tahajud. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Cobalah renungkan bagaimana Allah Swt membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Bagaimana Allah Swt membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan salat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” (Ibnul Qayyim dalam Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah: 278)

4 dari 6 halaman

Mendatangkan Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat nanti, orang-orang yang rutin salat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah Swt akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

Artinya: “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya.” (HR. Hakim)

5 dari 6 halaman

Penghapus Dosa

Kita semua berharap menjalani kehidupan di dunia ini dengan membawa bekal amal saleh yang berlimpah. Namun, tak dimungkiri, dosa-dosa kecil maupun besar seringkali kita lakukan, bahkan tanpa disadari.

Oleh karena itu, kita tidak boleh berhenti melakukan amalan agar dosa-dosa kita terhapuskan. Satu di antara amalan tersebut adalah mendirikan salat tahajud.

“Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.”  (HR. Tirmidzi)

6 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Tubuh

Bangun di sepertiga malam, kemudian berwudu dan mendirikan salat memberikan efek luar biasa bagi tubuh manusia. Bagi penderita diabetes, salat tahajud bisa menekan kandungan kortisol dalam tubuh. Kortisol memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara merangsang metabolisme karbohidrat.

Menjalankan salat tahajud juga berdampak penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam, otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

 

Sumber: zakat.or.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer