Sukses


Macam-Macam Rasi Bintang Paling Populer, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Rasi bintang adalah kumpulan atau sekelompok bintang yang terlihat berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Rasi bintang tersusun dari bintang-bintang yang berjauhan, meski ada juga yang berdekatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, rasi bintang adalah sekelompok bintang yang berdekatan dan tampak saling berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus.

Umumnya, rasi bintang memiliki pola atau garis berbentuk binatang, makhluk mitologi atau benda mati.

Berdasarkan sejarah, rasi bintang kuno berasal dari mitologi Yunani dan Romawi. Seiring berjalannya waktu, banyak yang dinamai dengan instrumen ilmiah dan hewan-hewan eksotis.

Dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan rasi bintang digunakan sebagai dasar untuk menunjuk arah perjalanan utara, selatan, barat, dan tenggara.

Rasi bintang juga digunakan sebagai dasar untuk menentukan musim dan kalender. Total, ada 88 nama rasi bintang yang telah diakui secara resmi. Namun, ada beberapa yang populer di kalangan masyarakat.

Berikut ini macam-macam rasi bintang yang paling populer beserta pengertiannya, dikutip dari laman Dosenpendidikan, Selasa (7/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Rasi Bintang

1. Rasi Bintang Pari

Rasi bintang Pari/Crux adalah rasi bintang yang bisa ditemukan dan bisa dilihat di langit. Rasi bintang ini berbentuk seperti pari/layang-layang/salib.

Rasi bintang pari bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α.

2. Rasi Bintang Orion/Waluku

Rasi bintang kedua yang bisa ditemukan di langit adalah rasi bintang Orion/Waluku. Rasi bintang ini dapat dilihat di langit sebelah barat.

Nama Orion memiliki arti pemburu. Rasi bintang ini didedikasikan bagi Orion, putra Neptune, seorang pemburu terbaik di dunia.

Orion ini mudah dikenali dengan adanya tiga bintang kembar yang berjajar membentuk sabuk Orion (Orion Belt). Satu lagi yang menarik dari rasi Orion ini adalah adanya bintang Bellatrix dan Betelgeuse pada konstelasinya.

Rasi bintang ini kerap dijadikan sebagai tanda bagi para petani zaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Rasi Bintang

3. Rasi Bintang Great Bear/Biduk

Rasi bintang ketiga yang cukup populer dan dapat dikenali adalah rasi bintang Biduk/Great Bear/Beruang Besar.  Rasi bintang tersebut menunjuk ke arah utara.

Adapun bentuk rasi bintang tersebut seperti gayung, dan terdiri dari tujuh buah bintang. Itulah mengapa biasanya rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi bintang tujuh. Rasi bintang ini terlihat sepanjang tahun di langit utara.

4. Rasi Bintang Scorpio

Rasi bintang keempat yang bisa dikenali dan menjadi petunjuk arah adalah rasi bintang scorpio. Rasi bintang tersebut bisa dibilang agak susah dicari.

Hal itu karena jumlah bintang yang membentuk kumpulan yang cukup banyak. Rasi Scorpio ini menjadi petunjuk arah tenggara/timur langit.

Dalam mitologi Yunani kuno, Scorpio ini adalah utusan Apollo untuk membunuh Sang Pemburu, Orion. Pada konstelasi ini juga terdapat bintang Antares, satu di antara bintang paling terang yang pernah ditemukan.

 

Sumber: Dosenpendidikan

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer