Sukses


Contoh-Contoh Lingkungan Hidup Alami beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Lingkungan hidup adalah ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup unsur-unsur di dalamnya. Lingkungan hidup yang baik akan membuat unsur-unsur di dalamnya hidup dengan nyaman dan harmonis.

Secara umum, lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alami dan buatan. Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, organisme kecil, dan segala kondisi yang bekerja secara dinamis tanpa ada campur tangan manusia.

Lingkungan ini terbentuk karena proses alam. Di dalam lingkungan hidup alami, akan terjadi interaksi yang membentuk satu kesatuan sehingga disebut dengan ekosistem.

Lingkungan hidup alami ini terbagi menjadi dua macam, yaitu air dan darat. Penting mengetahui mana yang termasuk lingkungan hidup air maupun darat.

Berikut ini contoh-contoh lingkungan hidup alami yang perlu diketahui, dilansir dari laman dlh. semarangkota.go.id, Rabu (8/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Lingkungan Hidup Alami

Danau

Danau terbentuk secara alami di tengah daratan. Adapun bentuk danau berupa cekungan air yang sangat luas. Di indonesia, danau dijadikan sebagai objek wisata, sumber mata air, serta tempat tinggal hewan dan tumbuhan.

Laut

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikelilingi oleh banyak laut. Dalam laut tersebut hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan.

Laut dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pantai yang membatasi daratan dan lautan, selat yang membagi dua pulau, dan samudra yang wilayahnya sangat luas.

Rawa

Rawa terbentuk dari genangan air, baik secara alami maupun karena terhambatnya sistem drainase di daerah sekitar.

Sungai

Indonesia memiliki banyak sungai, baik besar maupun kecil. Sungai adalah aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir. Sungai-sungai ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas dan sebagai sumber penghasilan.

3 dari 3 halaman

Contoh Lingkungan Hidup Alami

Bukit

Bukit disebut juga gunung kecil karena tingginya kurang dari 500 meter. Puncak bukit terlihat lebih rata dan lebih landai dibandingkan dengan puncak gunung.

Gunung

Gunung memiliki ketinggian lebih dari 500 meter. Gunung dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gunung merapi yang masih aktif sehingga dapat meletus kapan saja.

Kemudian gunung mati bekas gunung berapi yang tidak ada aktivitas lava, tetapi dapat aktif kembali. Terakhir, gunung biasa yang memang tidak memiliki aktivitas lava.

Hutan

Hutan terdiri dari berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan yang dapat menjadi tempat tinggal banyak hewan.

Lembah

Sebagai daerah yang subur, lembah sering dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Dataran landai ini dapat terletak di antara dua tebing yang disebut ngarai atau di bawah gunung yang disebut kaki gunung.

Padang Rumput

Padang rumput sering dimanfaatkan sebagai sumber makanan untuk hewan herbivora. Padang rumput dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu savana yang ditumbuhi oleh pepohonan besar, rumput dan semak belukar serta stepa yang ditumbuhi oleh rumput dan semak belukar.

 

Sumber: Wen Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer