Sukses


Macam-macam Minuman yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Bola.com, Jakarta - Jantung merupakan satu di antara organ tubuh yang sangat penting bagi kita dan perlu dijaga kesehatannya setiap saat.

Berbagai hal bisa kita lakukan agar jantung tetap sehat, termasuk mengonsumi makanan yang kaya akan nutrisi.

Jantung yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit, seperti stroke dan serangan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi satu di antara penyebab kematian paling utama di dunia dan sebagian besar penyebabnya karena kita lalai dalam menjaga kesehatan jantung.

Ada beraneka hal yang bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain berolahraga dengan rutin, mengonsumsi minuman kaya nutrisi juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini macam-macam minuman yang bisa menjaga kesehatan jantung, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (8/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-macam Minuman yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

1. Matcha Tea

Teh matcha mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. Kandungan ini adalah senyawa polifenol yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Minum teh matcha bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan, kandungan EGCG dapat mencegah aterosklerosis, menumpuknya lemak pada dinding arteri, serta mengurangi kerusakan sel dan peradangan.

Lantaran manfaat tersebut, tak heran bila teh hijau berhubungan dengan menurunnya risiko stroke dan penyakit jantung dalam banyak studi ilmiah.

2. Kopi

Tidak hanya bisa membuat Anda bersemangat di pagi hari, kopi juga berkaitan dengan manfaat sehat bagi jantung.

Ada penelitian yang menunjukkan minum kopi dengan teratur memiliki kaitan dengan risiko penyakit jantung yang menurun secara signifikan.

Nyatanya, satu review lengkap berdasarkan 218 penelitian menyatakan, seseorang yang minum kopi tiga cangkir setiap hari mempunyai risiko kematian yang menurun 19 persen karena penyakit jantung, ketimbang dengan yang bukan peminum kopi.

Dibanding minum kopi yang banyak gulanya, sebaiknya cobalah kopi hitam yang agak pahit karena konsumsi gula berlebih jelas dapat berbahaya bagi kesehatan.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Minuman yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

3. Cacao Hot Chocolate

Bubuk kakao ialah produk cokelat murni yang biasanya tidak terlalu banyak diproses dan lebih padat nutrisi dibandingkan kebanyakan produk cocoa.

Kakao memiliki antioksidan dan mineral yang bagus untuk jantung. Bahan minuman ini kaya flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular.

Menurut penelitian, menikmati asupan kakao dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki fungsi atau peran pembuluh darah.

Untuk membuat minuman cokelat panas bergizi, sebaiknya tanpa tambahan gula dalam jumlah banyak. Saran penyajiannya yaitu tambahkan 1 sdm bubuk kakao ke cangkir susu panas.

4. Hibiscus Tea

Sesuai namanya, teh hibiscus atau kembang sepatu memang dibuat dari kembang sepatu yang bernama Latin Hibiscus sabdariffa.

Bunga tersebut kaya antioksidan polifenol. Ekstraknya telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada 25 pria menemukan, minum 250 ml teh dengan ekstrak kembang sepatu tiap hari dapat melancarkan aliran darah, serta menurunkan tekanan darah dan peradangan secara signifikan, dibandingkan dengan minum air putih.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Minuman yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

5. Smoothie Sayuran

Tambahkan beberapa bahan yang menyehatkan jantung seperti sayuran berdaun hijau cerah, alpukat, dan biji rami (flax seed) atau chia yang kaya serat ke dalam smoothie Anda.

Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung nutrisi yang mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

Sementara, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) untuk mengurangi kolesterol jahat. Biji-bijian berserat tinggi seperti rami dan chia mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan meningkatkan kolesterol baik.

6. Air dengan Buah Citrus

Memasukkan potongan buah citrus segar ke air minum bisa bantu memelihara kesehatan jantung. Contohnya, jeruk dan lemon kaya akan nutrisi penting, meliputi juga minyak esensial dan flavonoid.

Banyak penelitian menemukan, asupan jus buah citrus tiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini menjadi faktor risiko pada penyakit jantung.

Lalu, mencampurkan buah citrus dalam air minum bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Hidrasi tubuh yang baik menjadi satu di antara faktor penting bagi fungsi jantung yang sehat. Sebab, kekurangan cairan bisa memperparah risiko kardiovaskular.

7. Jus Anggur Murni

Jus anggur yang 100 persen murni mengandung polifenol yang meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Penuhi asupan buah harian Anda dengan segelas jus anggur murni (sekitar 4 ons), yang setara dengan 1/2 cangkir buah anggur.

Untuk variasi, pertimbangkan juga jus delima, ceri, atau cranberry. Anda bisa langsung menikmati jus segar kaya nutrisi tersebut atau mencampurnya dengan resep-resep lain, misalnya salad.

 

Sumber: Klikdokter.com (Penulis: 25/9/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer