Sukses


Daftar Istilah dalam Pencak Silat, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri yang diajarkan di berbaga jenjang pendidikan, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pencak silat yaitu permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan ataupun tanpa senjata.

Pencak silat merupakan sebuah bela diri yang punya teknik dan tidak boleh digunakan secara asal-asalan. Ada beberapa teori dan praktik yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Tak hanya itu, penting juga diketahui dan dipahami istilah yang ada dalam pencak silat. Sebagian orang mungkin belum mengetahui istilah yang dalam pencak silat.

Berikut ini daftar istilah dalam pencak silat beserta penjelasannya, yang perlu diketahui dan dipahami, dilansir dari laman ayoolahraga.co.id, Rabu (8/6/2022).

2 dari 6 halaman

Daftar Istilah dalam Pencak Silat

Pembukaan

Pembukaan dalam pencak silat adalah rangkaian gerak dari sebuah perguruan silat sebagai tanda dimulainya latihan maupun pertandingan. Setiap perguruan memiliki gerak pembukaan yang berbeda-beda.

Namun, umumnya pada setiap pembukaan terselip doa agar kegiatan pencak silat dapat berjalan lancar dan mendapat perlindungan.

Kuda-kuda

Kuda-kuda adalah posisi menapak kaki untuk memperkukuh posisi tubuh. Kuda-kuda yang kuat dan kukuh penting untuk mempertahankan posisi tubuh agar tidak mudah dijatuhkan.

Sikap dan Gerak

Dalam pencak silat terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Saat pesilat bergerak untuk bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan.

Setelah mengetahui kelemahan pertahanan lawan, pesilat biasanya akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat.

Langkah

Penggunaan langkah merupakan ciri khas dalam pencak silat. Ada beberapa pola langkah yang yang ada dalam pencak silat, seperti pola langkah tiga dan langkah empat.

Kembangan

Kembangan adalah gerakan tangan dan sikap tubuh yang dilakukan sambil memperhatikan, mewaspadai gerak-gerik musuh, sekaligus mengintai celah pertahanan musuh. Kembangan utama biasanya dilakukan pada awal laga dan dapat bersifat mengantisipasi serangan atau mengelabui musuh.

Biasanya gerakan kembangan tersebut menyerupai tarian atau dalam maenpo Sunda seperti ngibing (berjoget). Perlu diketahui, kembangan merupakan satu di antara bagian penilaian utama dalam seni pencak silat yang mengutamakan keindahan gerakan.

3 dari 6 halaman

Daftar Istilah dalam Pencak Silat

Buah

Pencak silat memiliki beragam teknik bertahan dan menyerang. Secara tradisional, istilah teknik ini dapat disebut dengan buah.

Pesilat biasanya menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut dan telapak kaki untuk menyerang. Adapun teknik umum dalam dalam pencak silat ialah tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan tulang sendi, dan lain-lain.

Jurus

Jurus ialah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah. Hal itu yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik-teknik lanjutan dalam pencak silat (buah).

Sapuan dan Guntingan

Sapuan adalah satu di antara jenis buah (teknik) menjatuhkan musuh dengan menyerang kuda-kuda musuh, yakni menendang dengan menyapu atau menjepit (menggunting) kaki musuh sehingga musuh kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Kuncian

Kuncian adalah teknik untuk melumpuhkan lawan agar tidak berdaya, tidak dapat bergerak, atau untuk melucuti senjata musuh. Kuncian melibatkan gerakan menghindar, tipuan, dan gerakan cepat yang biasanya mengincar pergelangan tangan, lengan, leher, dagu, atau bahu musuh.

Sikap Pasang

Sikap pasang ialah sebuah kombinasi gerak tangan dan kaki berpola sebagai sikap siaga.

4 dari 6 halaman

Daftar Istilah dalam Pencak Silat

Colokan

Colongan merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menggunakan ujung jari yang rapat dengan arah sasaran ke mata lawan.

Sikutan

Teknik sikutan dilakukan dengan cara memanfaatkan area ujung siku yang keras untuk menyerang atau menangkis serangan lawan.

Tebasan

Teknik tebasan merupakan kelanjutan dari teknik karatan, yaitu menyerang menggunakan sisi luar telapak tangan tapi dengan jangkauan yang lebih jauh. Tebasan memiliki gerak yang hampir sama dengan gerak tangan orang yang sedang menebas menggunakan golok.

Serangan

Serangan dalam pencak silat yaitu segala upaya yang dilakukan untuk memberikan perlawanan fisik terhadap lawan menggunakan berbagai bagian tubuh. Namun, serangan tersebut harus dengan teknik dan tidak boleh asal-asalan.

Pukulan

Pukulan merupakan bentuk serangan yang memanfaatkan kepalan tangan dengan jari yang terlipat rapat.

Tendangan

Tendangan merupakan bentuk serangan yang menggunakan setiap sisi pada kaki seperti ujung kaki, pisau kaki, punggung kaki, dan tumit.

Serkel

Serkel berasal dari kata circle (lingkaran). Serkel adalah serangan kaki secara melingkar dengan lintasan gerak dari belakang ke samping lalu ke depan. Perkenaan tendangan serkel berada pada bagian tumit.

5 dari 6 halaman

Daftar Istilah dalam Pencak Silat

Dobrakan atau Dorongan

Sesuai namanya, dobrakan atau dorongan berfungsi untuk mendorong mundur lawan menggunakan kedua telapak tangan yang terbuka. Selain untuk mencederai lawan, dobrakan berguna untuk membuka jarak ruang terhadap lawan.

Belaan

Arti dari belaan, yaitu segala upaya untuk mempertahankan diri dari serangan lawan. Belaan dalam pencak silat sendiri terdiri dari hindaran, elakan, dan tangkisan.

Hindaran

Hindaran merupakan cara menghindar dari serangan lawan melalui gerak spontan dengan cara mengubah posisi badan dan kaki.

Elakan

Elakan berfungsi agar serangan lawan tidak mengenai tubuh dengan cara merotasikan badan ke berbagai arah dengan cepat.

Tangkisan

Tangkisan yaitu usaha pembelaan diri dengan cara meredam serangan lawan menggunakan tangan, siku maupun kaki.

Kuncian

Kuncian berfungsi untuk mendekap lawan agar tidak bisa leluasa bergerak, teknik ini bisa dilakukan menggunakan tangan atau kaki.

Lepasan

Lepasan merupakan cara untuk melepaskan diri dari kuncian lawan menggunakan bagian tubuh yang masih mungkin untuk bergerak.

Cekikan

Cekikan dalam pencak silat berarti upaya tangan dalam menekan bagian leher lawan.

6 dari 6 halaman

Daftar Istilah dalam Pencak Silat

Jambakan

Jambakan dalam pencak silat yaitu menarik rambut lawan menggunakan tangan, baik itu dari area depan samping maupun belakang.

Jatuhan

Jatuhan adalah cara menjatuhkan badan dengan perkenaan punggung, bahu atau tolakan telapak tangan. Teknik ini bertujuan untuk menghindari cedera ketika badan terjatuh secara sengaja maupun tidak disengaja.

Pernapasan

Pernapasan dalam pencak silat adalah metode untuk mengolah napas baik itu untuk keperluan kesehatan maupun spiritual.

Gelanggang Pertandingan

Gelanggang pertandingan merupakan sebutan dari lapangan yang digunakan dalam pertandingan pencak silat.

Tanding

Sesuai namanya, tanding adalah sebutan dari pertandingan antara dua pesilat untuk mengaplikasikan berbagai teknik silat yang telah mereka pelajari. Tujuan dari tanding lebih ke arah kompetisi untuk meraih prestasi di ajang beladiri pencak silat.

Sambung

Sama seperti tanding, sambung lebih bertujuan untuk mempererat hubungan antara dua orang pesilat melalui pertarungan pencak silat.

Wasit

Wasit dalam pencak silat berarti seseorang yang memandu, mengatur, dan mengawasi jalannya pertandingan pencak silat.

Juri

Seperti dalam berbagai perlombaan lainnya, juri dalam pencak silat memiliki tugas untuk memberikan nilai dari masing-masing pesilat yang sedang bertanding. Nilai tersebut nantinya dijadikan acuan untuk menentukan pemenang dari pertandingan silat.

 

Sumber: Ayoolahraga

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer