Sukses


Cara Memberikan Pertolongan Pertama saat Anak Mengalami Luka Bakar

Bola.com, Jakarta - Cara memberikan pertolongan pertama saat anak mengalami luka bakar penting Anda miliki sebagai bekal andai buah hati Anda harus mengalami kejadian tidak menyenangkan tersebut.

Luka bakar merupakan cedera pada daging atau kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi. Luka bakar dapat diperoleh dari terbakar sinar matahari, terkena air panas, knalpot kendaraan, petasan, lilin, kompor atau tungku pembakaran, sengatan listrik, zat kimia, dan lain-lain.

Saat anak mengalami luka bakar, hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah tetap tenang dan jangan panik, lalu disusul secepatnya dengan memberikan pertolongan pertama. Hal ini krusial guna meminimalkan dampak luka bakar yang ditimbulkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda berikan sebagai pertolongan pertama terhadap luka bakar yang dialami buah hati Anda.

Berikut cara dan langkah-langkah pertolongan pertama pada anak yang mengalami luka bakar, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (9/6/2022).

2 dari 3 halaman

Derajat Keparahan Luka Bakar

Sebelum masuk pada cara dan langkah-langkah memberikan pertolongan pertama pada saat anak mengalami luka bakar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu macam-macam derajat pada luka bakar.

Hal ini tidak kalah penting sehingga Anda bisa memberikan penanganan yang tepat sesegera mungkin.

Dilihat dari derajat keparahannya, luka bakar dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu:

  • Derajat Pertama (Superfisial): kerusakan hanya terjadi pada bagian terluar kulit dan hanya menyebabkan kemerahan tanpa adanya pelepuhan.
  • Derajat Kedua: Kerusakan terjadi pada lapisan luar hingga lapisan dalam kulit. Pada derajat ini, pelepuhan bisa terjadi dan luka biasanya lebih dalam. Kondisi ini juga berisiko menimbulkan infeksi serta jaringan parut, nantinya.
  • Derajat Ketiga: Kerusakan terjadi pada seluruh lapisan kulit hingga jaringan sekitarnya seperti otot dan tendon.

Perlu diingat, Anda dapat memberikan pengobatan luka bakar tingkat ringan di rumah, misalnya seperti tersengat matahari. Luka bakar derajat II dan III membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin.

3 dari 3 halaman

Cara dan Memberi Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Berikut cara dan langkah-langkah pertolongan pertama pada anak yang mengalami luka bakar:

1. Jauhkan anak dari sumber panas atau penyebab luka bakar

Menjauhkan anak dari sumber panas penting untuk menghentikan proses pembakaran kulit akibat panas. Jika luka bakar terjadi pada tubuh maka segera buka baju anak. Jika terjadi pada tangan, lepaskan aksesori seperti jam atau gelang.

Baju dan aksesori pada tubuh mungkin saja masih menyimpan panas sehingga sebaiknya dilepaskan.

2. Alirkan air pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar, minimal selama 10 menit

Hal ini merupakan satu di antara langkah pertolongan pertama yang penting untuk menetralkan panas pada kulit anak yang mengalami luka bakar. Dengan demikian, proses pembakaran pada kulit dapat segera dihentikan.

3. Tutupi bagian kulit yang mengalami luka bakar dengan plastik bersih atau kasa kering antilengket

Luka bakar menyebabkan penguapan cairan tubuh terjadi lebih cepat. Selain itu, luka bakar sangat mudah terinfeksi. Itulah mengapa, menutupi kulit yang mengalami luka bakar dengan plastik, kasa kering antilengket atau kain bersih penting dilakukan sebagai pertolongan pertama. 

Jika luka bakar tergolong ringan, Anda dapat mengoleskan salep antibiotik. Selain itu, jangan sekali-kali memecahkan kulit yang melepuh.

4. Jangan mengoleskan odol, kecap, minyak atau bahan rumah tangga lainnya pada luka bakar anak

Mengoleskan bahan-bahan rumah tangga seperti odol, kecap, minyak, atau bahan-bahan rumah tangga lainnya justru dapat memicu infeksi dan mengganggu proses penyembuhan luka.

5. Segera bawa anak ke dokter untuk mendapat pertolongan lebih lanjut

Setelah Anda melakukan pertolongan pertama, segera bawa anak ke rumah sakit. Berikan minum kepada anak dalam perjalanan untuk membantu rehidrasi cairan tubuhnya. 

Sesampainya di rumah sakit, dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan luas dan derajat luka bakar yang terjadi pada anak Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/2/2018)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer